We Are Creative Design Agency

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Illum, fuga, consectetur sequi consequuntur nisi placeat ullam maiores perferendis. Quod, nihil reiciendis saepe optio libero minus et beatae ipsam reprehenderit sequi.

Find Out More Purchase Theme

Our Services

Lovely Design

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Great Concept

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Development

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

User Friendly

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Recent Work

Friday, 17 January 2020

DEVENISI KOMUNIKASI BISNIS DAN PEMASARAN BESERTA HAMBATAN DAN UNSUR- UNSUR DALAM KOMUNIKASI BISNIS

KOMUNIKASI  BISNIS

*  Devinisi :

1.  Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal. 

2.   Komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.

*  Komunikasi adalah bisnis dan bisnis adalah komunikasi.

PEMASARAN

Proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan serta inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Proses mengembangkan dan memelihara strategi yang cocok antara tujuan dan kemampuan organisasi serta peluang pemasaran yang berubah.

*   Hambatan dalam proses komunikasi

1. Hambatan Teknis

Hambatan ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi

2.   Hambatan Semantik

Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi

3. Hambatan Manusiawi

Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi, umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi, penyaringan informasi.

4.  Tujuan Studi Komunikasi Bisnis

Agar mahasiswa memiliki wawasan yang memadai agar membantu dalam membentuk watak yang mandiri, sehingga mampu menentukan sikap, mencapai alternatif solusi, memprediksikan jauh kedepan, menentukan strategi yang tepat, dan seterusnya.

*   Enam unsur pokok komunikasi bisnis 

1.  Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.

2.   Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.


3.   Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.

4.  Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.

5.  Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.

6.   Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Thursday, 16 January 2020

14 TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR / TEKNIK PENGOPERASIAN KAMERA LENGKAP.

 

Langkah- Langkah  Pengambilan  gambar

1. RTFM (REAL TIME FLOOR                           MONITORING)

    Pelajari bagian kecepatan shutter atau shutter speed, kemudian coba untuk mengambil gambar didalam dan diluar ruangan, coba pelajari menu-menu yang ada dalam kamera Anda. Sebagai langkah awal Anda bisa membaca buku panduan manualnya sebanyak 2 kali, agar Anda lebih mudah untuk memahami pengoprasiannya.

2.    PERSIAPAN

Memiliki tahap perencanaan karena tidak semua tunas yang spontan. Sedikit persiapan tidak sama dengan yang tidak ada persiapan sama sekali. baik untuk memiliki pikiran yang telah ditetapkan tentang apa yang akan Anda shooting. Miliki sebuah gagasan tentang bagaimana aliran video secara umum.


3.  HINDARI  ZOOMING IN DAN OUT          TERLALU BANYAK

Digital camcorder saat ini banyak diproduksi dengan fitur super duper 1000x zoom in dan zoom out. Ini adalah hal yang baik, tapi masalahnya adalah banyak orang terbawa untuk menggunakan fitur ini tanpa mengetahui apa titik lemahnya fitur ini. Gunakan fitur memperbesar dan memperkecil ini seminimal mungkin. Bahkan jika Anda harus menggunakannya, lakukanlah secara perlahan-lahan. Menggunakan fitur ini dengan lambat jauh lebih profesional dibandingkan Anda menggunakan zoom dengan cepat.


4.  GUNAKAN TRIPOD

Pada kebanyakan Video buatan sendiri akan terlihat goyang gambarnya, dan itu sangat tidak enak untuk dilihat. untuk mengatasi itu Anda membutuhkan sebuah Tripod untuk menyangga kamera Anda tetap tenang dan tidak goyang sewaktu Anda melakukan pengambilan gambar.


5.  POSISIKAN  PENGAMBILAN  GAMBAR            DENGAN BAIK

Kameramen yang buruk adalah Dia yang malas berpindah-pindah tempat. Bergeraklah, geser badan Anda arahkan tembakan Video yang paling bersih tanpa halangan apapun. Carilah posisi angle shoot terbaik menurut Anda. Memiliki beberapa gambar di berbagai sudut. Bahan lebih Anda bisa mendapatkan semakin banyak pilihan yang dapat Anda miliki. Jika rekaman gagal, tembakan sudut yang lain dapat menutupi untuk itu. Usahakan jangan bergeser pada waktu kamera masih bekerja ( RECORD )


6.     NORMAL ANGLE

Pada posisi normal angle, kemera ditempatkan kira-kira setinggi mata subyek. Tentu saja normal angle sangat tergantung pada tinGgi subyek yang dishooting. Bila kita merekam kelompok anak-anak kecil yang sedang bermain, normal angle untuk orang dewasa tentu saja terlalu tinggi, maka kamera harus diturunkan setinggi mata anak.



7. SHORT DAN SIMPLE ( PENDEK DAN          SEDERHANA)

Jangan pernah men-shoot klip video lebih dari dua menit. Ini membosankan penonton sampai JAMURAN! Menggunakan banyak klip pendek durasi 10 sampai 20 detik jauh lebih efektif.


8. HINDARI  BACKLIGHT

Jangan memaksakan melawan cahaya, Hindari cahaya kuat didepan Anda, Anda harus membelakangi sumber cahaya, bila memang terpaksa Anda harus melawannya dengan menggunakan lighting / pencahayaan lampu, Anda juga bisa dengan menggunakan reflektor, akan tetapi itu untuk subyek dengan jarak yang dekat.


9. HINDARI  PENCAHAYAN 

Anda perlu memiliki sistem pencahayaan sendiri untuk membantu kamera yang kita punya. Hal yang merusak video adalah pencahayaan yang buruk. BANYAK TERLIHAT video yang inovatif dirusak oleh pencahayaan yang buruk. perlu diingat bahwa menjaga daerah yang cukup terang sangat penting bagi keberhasilan shoot. Khususnya untuk pengambilan gambar didalam ruangan.


10.   CHECK  SOUND
  
Tips ini mungkin tidak penting bagi pengguna rumah tangga. Tapi jika Anda seorang videografer yang profesional, Anda harus memiliki mikrofon yang terpasang pada camcorder Anda. Mikrofon adalah alat penting agar suara menghasilkan kualitas audio yang lebih baik. Ingat, suara mengatakan hampir setengah dari apa yang ingin Anda gambarkan didalam Video Anda.


11.   MENGISI  SETIP FRAME  DENGAN             SUBJEK GAMBAR

Frame merupakan bagian yang penting ketika membuat sebuah video. Frame adalah wadah dimana Anda bisa mengisinya dengan subjek gambar. Pertama siapkan gambar yang akan Anda pilih. Pilih gambar yang dirasa bagus dan sesuai kebutuhan. Berikutnya coba tempatkan subjek tidak harus ditengah gambar. Misal jika mengambil gambar orang di tengah danau, Anda bisa mengambil gambar dengan subjek lain misal di pinggir danau. Ambil setiap sesi gambar mulai dari orang yang akan menyeberang danau menggunakan perahu, hingga berada di tengah danau. Di sini Anda juga bisa mengambil gambar dimana orang tersebut tengah memancing atau hendak menyelam. Jadikan satu seluruh gambar sehingga dapat terbaja maksudnya oleh penonton.


12.   PENGAMBILAN  GAMBAR SEDETAIL          MUKIN

Frame merupakan bagian yang penting ketika membuat sebuah video. Frame adalah wadah dimana Anda bisa mengisinya dengan subjek gambar. Pertama siapkan gambar yang akan Anda pilih. Pilih gambar yang dirasa bagus dan sesuai kebutuhan. Berikutnya coba tempatkan subjek tidak harus ditengah gambar. Misal jika mengambil gambar orang di tengah danau, Anda bisa mengambil gambar dengan subjek lain misal di pinggir danau. Ambil setiap sesi gambar mulai dari orang yang akan menyeberang danau menggunakan perahu, hingga berada di tengah danau. Di sini Anda juga bisa mengambil gambar dimana orang tersebut tengah memancing atau hendak menyelam. Jadikan satu seluruh gambar sehingga dapat terbaja maksudnya oleh penonton.


13.  GUNAKAN   ANGEL  YANG                               BERBEDAH

Agar gambar yang sudah didistribusikan ke dalam video nanti bisa mudah terbaca penonton, tentu Anda harus pandai mencari cara mengambil gambar dari banyak sudut sehingga bisa membentuK satu kesatuan gambaran yang utuh. Dengan begitu hasil sturing video akan menjadi lebih menarik dan lengkap. Supaya lebih maksimal, Anda dapat mengambil video dengan jarak dekat atau dengan jarak pandang ke langit lalu ke bawah. Itupun jika dimungkinkan, Anda bisa berkreasi dengan jarak mana saja.


14.   HINDARI  TERLALU BANYAK                       SPECIAL EFFECT

Memberikan special effect pada gambar bisa berpengarUh pada tampilan. Gambar akan terlihat lebih menarik. Akan tetapi tak semua special effect menghasilkan video yang sesuai. Jadi, lebih baik rekam video Anda tanpa menggunakan special effect supaya para penonton bisa merasakan sensasi nonton video secara nyata dan utuh. Akan tetapi jika dimungkinkan memakai effect, Anda bisa pilih perangkat software editing dengan efek ringan.


KESIMPULAN

Shooting video besar akan tergantung pada dedikasi Anda sebagai videografer. Kebanyakan orang akan setuju bahwa pengalaman akan mengajarkan Anda banyak, termasuk mengasah kemampuan ini


PT DANONE DENGAN PROGRAM SATU UNTUK SEPULUH LENGKAP DENGAN ANALISIS SWOT

PT. Danone Aqua dengan program “Satu untuk Sepuluh”

Program “Satu untuk Sepuluh” merupakan program   penjangkauan masyarakat yang bertujuan untuk         mempromosikan hidup sehat dengan menyediakan     akses air bersih dan pendidikan kesehatan. Untuk        setiap liter produk AQUA berlabel khusus yang dijual, program ini berkomitmen memberikan 10 liter air      bersih kepada masyarakat yang membutuhkan. 


Program ini dilakukan  berdasarkan  alasan  sebagai  berikut:

1.   Masalah kelangkaan air tetap 
      menjadi suatu tantangan besar 
      yang harus ditangani melalui 
      pendekatan baru.


2.  Program ini sejalan dengan 
   semangat kelanjutan dan tujuan.                   pendekatan. Penting untuk 
   tetap fokus dan berkomitmen 
  terhadap tantangan kelangkaan air untuk.    menciptakan dampak yang.                             berkesinambungan. 

Analisis   Swot

Strengths 

Kegiatan ini dapat membangun citra positif bagi perusahaan; menambah kepercayaan publik kepada produk AQUA; menambah profit perusahaan; terdapat kurang lebih 21 ribu jiwa merasakan dampak positif kegiatan ini; produk AQUA dapat dipromosikan ke berbagai daerah.

Weknesses

Akses air bersih dari 
kegiatan ini hanya di 
rasakan oleh warga di 
NTT saja.

Opportunities 

Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat; 
selain di NTT, masih banyak 
daerah di Indonesia yang krisis air bersih; melalui kegiatan ini, AQUA membantu masyarkat NTT untuk mendapatkan air 
bersih.

Threats 

Akses menuju desa yang sulit; 
jarak desa yang jauh, cuaca yang sangat ekstrim sehingga timbul kekeringan.

Kritik

Program CSR yang dilaksanakan oleh PT Danonen diharapakan dapat lebih luas dan bervariasi sebab masih banyak daerah yang perlu mendapat bantuan dari perusahaan seperti PT Danone.  Jika ditelisik lebih mendalam PT Danone yang diberikan izin  menggunakan sumber daya air untuk kelangsungan perusahaan oleh negara barang tentu harus dan wajib melakukan sumbangan sosial yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia. Ketersediaan air  merupakan amanat dari Konstitusi kita Pasal 33 ayat 3 dimana Bumi, air dan kekayaan yang terkandung didalamnya dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Hal yang wajar jika PT Danone seharusnya lebih banyak melakukan program-program yang sifatnya sosial demi tersedianya air bagi masyarakat.

Saran

Sebagai PT yang bergerak dalam Tujuan mengambil untung  atau deviden sudah seharunya dialukan hal-hal yang menunjang konsep sustainable seperti lebih tanggap terhadap pelestarian lingkungan dan kemanfaaatan bagi masyarakat banyak. Seyogyanya nanti program CSR dari perusahaan yang memanfaatkan SDA dari negara Indonesia harus 
lebih banyak memberikan sumbangsih sosial bagi masyarakat.

Wednesday, 15 January 2020

KOMUNIKASI BISNIS E- COMMERE MEMILIKI 3 TIPE KHUSUS DAN KARAKTERISTIK SAAT IMPLEMEMTASI / PENERAPAN

Komunikasi Bisnis dan E – Commerce

Segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik

Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan / perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet. E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan suatu komunitas melalui transaksi elektronik serta perdagangan barang, layanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, yaitu :

a. Electronic Markets (EMs), 

yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. 

b. Elektronic Data Interchange (EDI),
adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. 

c. Internet Commerce, 

adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. 

transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :

  1. Transaksi tanpa batas : Sebelum era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international, sehingga hanya perusahaan atau individu yang bermodal besar saja yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.
  2. Transaksi anonim: Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya
  3. Produk Digital dan Non Digital : Produk-produk digital seperti software computer, musik dan produk lain yang bersifat digital, dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. 

Implementasi e-commerce pada dunia industri, semakin lama semakin luas tidak hanya memberikan kemudahan dalam bisnis, tetapi juga mengubah suasana kompetisi menjadi semakin dinamis dan global. Perkembangan teknologi tidak hanya mendukung kelancaran dan keberlangsungan suatu aktivitas bisnis, namun juga menciptakan industri baru dalam komunikasi bisnis.

Penerapan e-commerce, telah menciptakan suatu komunitas tersendiri yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (electronic business community). Komunitas ini memanfaatkan cyberspace sebagai tempat bertemu, berkomunikasi dan berkoordinasi secara intensif dengan memanfaatkan media dan infrastruktur telekomunikasi serta teknologi informasi dalam menjalankan kegiatannya seharai-hari. 

ANALISIS SWOT PT PEGEON/ PERUSAHAAN BEDAK.


 STRENGTHS / KELEBIHAN

PT. Pigeon berdiri tahun 1957. Memenuhi kebutuhan para ibu di seluruh dunia dengan memproduksi produk berkualitas tinggi,user-friendly for baby and teens. Mendapat penghargaan oleh Frontier Consulting Group PT. Pigeon sebagai Top Brand for Kids & Teens 2014. 

WEKNESSES / KEKURANGAN

Tahun 2000an 
PT. Pigeon mengeluarkan produk bedak 
padat untuk wanita 
remaja, namun bedak 
padat itu diisukan mengandung pewarna pakaian 
yang berbahaya bagi kulit. 

OPPORTUNITLES / PELUANG

Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai produk unggulan yang aman dan terpercayaa kualitasnya.

SHREATS/ ANCAMAN

Banyaknya produk 
pesaing yang serupa seperti Huki, Dodo 
dan Cussons.


Disini dilakukan analisa-analisa yang mengarah kepada :

1. Bagaimana sikap kerja para karyawannya.

2. Faktor apa saja yang disenangi ataupun tidak disenangi oleh  para karyawannya.

3. Mengadakan perbaikan – perbaikan sesuai dengan keinginan para karyawannya, tetapi tidak merugikan perusahaan / lembaga yang bersangkutan.

4. Menantikan saat untuk mengadakan perbaikan – perbaikan itu agar supaya kedua belah pihak mendapat keuntungan atau menikmati suasana kerja yang baik.


KRITIK

Berkenaan dengan Kasus PT Pegeon di atas, adapun beberapa hal yang menjadi poin yang dikritisi penulis. Pertama permasalahan tersebarnya isu pemakaian bahan berbahaya pada PT Pegeon dikarenakan Kekurang Tanggapan PR dalam mengantisipasi tersebarnya isu tersebut. Sebagai sebuah unit  dalam Perusahaan PR harusnya mampu mengambil langkah" preventif untuk menanggulangi berita kesimpangsiuran terhadap produk bedak yang diluncurkan.

SARAN

Adapun yang saran yang penulis dapat sampaikan terhadap kasus  PT Pegeon  yakni: Upaya Promosi pada peluncuran produk merupakan suatu hal yang esensi dimana dalam moment ini perusahaan dapat memperkenalkan kepada masyarakat luas terhadap produk yang dluncurkan baik itu kualitas, bahan dan keamanaan penggunanaan produk


Monday, 13 January 2020

TAHAP PERSIAPAN PERAKTEK KERJA LAPANGAN ( PPL) BAIK UNTUK MAHASISWA MAUPUN INSTANSI SEKOLAH


A.   Persiapan

Pada tahap persiapan PPL terdapat beberapa hal yang perlu diketahui, diinformasikan dan dipersiapkan, baik oleh mahasiswa calon peserta maupun oleh lembaga/unit pelaksana PPL (di sekolah). Hal-hal tersebut meliputi sebagai berikut.

1.    Pengajaran Micro (Micro Teaching)

Pelaksanaan pengajaran mikro di UNY dilaksanakan di program studi masing-masing fakultas oleh dosen pembimbing pengajaran mikro dan  dikoordinasi  oleh  seorang  koordinator  pengajaran  mikro. Pelaksanaan pengajaran mikro dilakukan pada semester enam.
Dalam pelaksanaan praktek pengajaran mikro, mahasiswa dilatih keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan menggunakan media dan alat pembelajaran, keterampilan  menyusun  skenario  pembelajaran,  keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing diskusi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan bertanya, dan keterampilan mengevaluasi.
Mahasiswa melakukan kegiatan pengajaran mikro berkelompok (1 kelompok 10 orang) yang dibimbing dan dimonitor satu dosen pembimbing. Setiap mahasiswa melakukan praktik pengajaran mikro dengan menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi. Minimal mengajar 6 kali. Penilaian terhadap pengajaran  mikro dilakukan oleh dosen   pembimbing,   nilai   pengajaran   mikro   minimal   adalah   B. Mahasiswa yang mendapatkan nilai kurang dari B, tidak diperkenankan mengikuti PPL.

2.    Observasi

Observasi dilaksanakan mulai bulan Febuari sampai dengan April

2015. Observasi meliputi observasi fisik dan nonfisik. Observasi fisik meliputi : keadaan sekolah, potensi guru, siswa, dan karyawan serta beberapa fasilitas  yang  dimiliki sekolah.  Observasi  nonfisik  meliputi: kegiatan ekstrakurikuler, organisasi yang ada di sekolah, karya ilmiah guru dan sebagainya. Mahasiswa juga melakukan observasi pembelajaran di kelas yang meliputi observasi perangkat pembelajaran dan observasi Kegiatan  Belajar  Mengajar  (KBM).  Observasi  proses  pembelajaran dilakukan sebanyak 1 kali.
Berdasarkan observasi yang dilakukan, SD Negeri 2 Wates masih menggunakan KTSP. Kondisi siswa di kelas cukup kondusif walaupun di beberapa kelas terkadang masih terlihat ramai.

3.    Pembekalan PPL

Pelaksanaan pembekalan secara serentak di ruang Abdullah Sigit, FIP,  UNY    pada  tanggal  06Agustus  2015.Materi  yang  disampaikan dalam pembekalan PPL meliputi pengembangan wawasan mahasiswa, pelaksanaan pendidikan yang relevan dengan kebijakan-kebijakan baru bidang   pendidikan,   dan   materi   yang   terkait   dengan   teknis   PPL. Mahasiswa yang tidak mengikuti pembekalan tersebut dianggap mengundurkan diri dari kegiatan PPL.

4.    Koordinasi

Mahasiswa melakukan koordinasi dengan sesama mahasiswa di SD Negeri 2 Wates, pihak sekolah dan pihak kampus. Mahasiswa juga melakukan   konsultasi   dengan   guru   pembimbing   guna   persiapan perangkat pembelajaran yang meliputi: program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta format penilaian. Mahasiswa melakukan kosultasi terkait dengan pelaksaan PPL dan materi yang akan disampaikan. Selain itu, mahasiswa dan guru pembimbing bersama-sama saling memberi dan menerima terkait pengetahuan yang dimiliki mahasiswa yang diperoleh dari perkuliahan dan pengalaman guru mengajar dengan menggunakan kurikulum KTSP.


B.   Pelaksanaan PPL

PPL dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2014. Pelaksanaan PPL memiliki beberapa tahapan, adapun tahapan dalam PPL meliputi praktik mengajar yang terdiri dari praktik mengajar terbimbing, ujian praktik. Praktik mengajar terbimbing minimal 4 kali. Sedangkan ujian dilakukan 2 kali.

1.    PPL Terbimbing

Praktik mengajar terbimbing adalah latihan mengajar yang mengupayakan  agar  mahasiswa  calon  guru  dapat  menerapkan kemampuan  mengajar secara utuh  dan  terintegrasi dengan  bimbingan guru dan dosen pembimbing. Praktik mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak 4 kali. 


2.    Ujian Praktik Mengajar

Kegiatan  praktik  mengajar  di  Sekolah  Dasar  Negeri  Kepek diakhiri dengan ujian praktik mengajar. ujian praktik mengajar adalah untuk   mengukur   kemampuan   mahasiswa   dalam   mengajar,   ujian dilakukan oleh setiap pratikan sebanyak 2 kali, yaitu praktik mengajar untuk kelas awal dan praktik mengajar untuk kelas lanjut.

Sunday, 12 January 2020

Bagian Pendahuluan dan Permasalahan yang dihadapi Mahasiswa pada saat ( PPL)

                   PENDAHULUAN

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan pembentukan dan peningkatan kemampuan professional. Kegiatan yang mencakup PPL diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. Kegiatan PPL ini untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan.  Program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL difokuskan pada komunitas sekolah yang mencakup aktivitas internal sekolah. Pelaksanaan PPL ini mempunyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran.
Usaha peningkatan efisisensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran  terus  dilakukan  dalam  kegiatan  PPL  yang  menjadi  konsentrasi untuk ditingkatkan kualitasnya. Adapun tujuan dari PPL ini yaitu, untuk memberikan   pengalaman   kepada   siswa   dan   mengembangkan   kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Serta memperluas wawasan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam pemecahan masalah.

Secara legal telah dinyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan dituntut untuk memiliki sejumlah kompetensi. Kompetensi yang dimaksud di atas adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan  kompetensi  sosial.  Hal  tersebut  mengacu  pada  undang-undang  Guru  dan Dosen nomor 14 Tahun 2005, khususnya yang berkenaan dengan empat kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Sedangkan standar kompetensi yang harus dipenuhi dalam kegiatan PPL yaitu mahasiswa dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan memiliki 4 kompetensi sebagai guru yang terdapat dalam undang-undang Guru dan Dosen nomor 14 Tahun 2005.

Kegiatan PPL yang dilakukan mencakup penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, ujian praktik mengajar, menyusun dan mengembangkan alat evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar, pengembangan media, dan  kegiatan lain yang berhubungan dengan pembelajaran.
Dengan dilaksanakannya program PPL diharapkan dapat memberikan dampak yang bermakna untuk semua pihak yang terkait, baik pada mahasiswa dalam rangka pengembangan kompetensinya, maupun kepada sekolah, lembaga, klub, universitas, pemerintah daerah, maupun Dinas Pendidikan untuk meningkatkan dan mengembangkan tugas dan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, diperlukan komitmen yang tinggi dari semua komponen yang terkait.


1.    Permasalahan

Permasalahan  yang dihadapi  mahasiswa PPL di antara lain sebagai berikut.

a.    Siswa sulit dikondisikan oleh mahasiswa PPL ketika pembelajaran berlangsung. Siswa masih semaunya sendiri, kurang merespon perintah  dari  mahasiswa  PPL.  Namun,  ketika  diajar  oleh  guru kelas, siswa cenderung lebih tenang. Ketika mahasiswa PPL yang mengajar dengan ditunggui guru kelasnya, siswa juga lebih mudah dikondisikan.   Hal tersebut disebabkan  karena  kedekatan  antara siswa dan mahasiswa PPL.

b. Sebagian besar siswa kelas rendahmasih sering bermain-main di dalam  kelas  dan  mengganggu  temannya  ketika  proses pembelajaran. Mereka belum bisa fokus terhadap proses pembelajaran yang berlangsung.

c.    Beberapa   siswa   yang   sangat   akrab   dengan   mahasiswa   PPL sehingga terkesan santai dan kurang serius dalam proses pembelajaran dan kurang dapat menghargai bahwa mahasiswa PPL yang ada disana adalah guru mereka.

d. Adanya  beberapa  siswa  yang  kurang  antusias  dalam  mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga cenderung mencari perhatian dan membuat gaduh. Hal ini tentu mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Our Blog

55 Cups
Average weekly coffee drank
9000 Lines
Average weekly lines of code
400 Customers
Average yearly happy clients

Our Team

Tim Malkovic
CEO
David Bell
Creative Designer
Eve Stinger
Sales Manager
Will Peters
Developer

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Search This Blog

Powered by Blogger.

informasi pendidikan

Apa Perbedaan Agama dan spiritualitas

Menurut pandangan saya, agama dan spiritualitas adalah dua konsep yang berbeda meskipun terkait erat. Agama adalah pengorganisasian gagasan-...