We Are Creative Design Agency

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Illum, fuga, consectetur sequi consequuntur nisi placeat ullam maiores perferendis. Quod, nihil reiciendis saepe optio libero minus et beatae ipsam reprehenderit sequi.

Find Out More Purchase Theme

Our Services

Lovely Design

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Great Concept

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Development

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

User Friendly

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Recent Work

Tuesday, 17 December 2019

Masalah Perserta Didik Dalam Belajar Dan Solusinya

Masalah Perserta Didik Dalam Belajar Dan Solusinya



1.   PERMASALAHAN   PESERTA  DIDIK  DALAM  BELAJAR

      Faktor-faktor  yang  ikut  berperan   terhadap  timbulnya  permasalahan  pada  peserta  didik yaitu:
a.      Faktor  Intern
Faktor  ini  meliputi  gangguan  psiko  fisik, yakni:
1)      Yang   bersifat  kognitif   seperti  rendahnya  kapasitas  intelektual.
2) Yang  bersifat  afektif   antara  labilnya  emosi  dan  sikap. Kelemahan  emosional,seperti  merasa  tidak  aman, kurang  menyesuaikan  diri  serta  ketidakmatangan  emosi
3)      Yang  bersifat  psikomotor  antara lain  terganggunya  alat  indra, cacat  tubuh, serta  kurang  berfungsinya  organ-organ  perasaan.
4)      Kurangnya  motivasi  belajar  akan  menyebabkan  anak  atau  siswa  malas untuk  belajar.
5)      Konsentrasi  belajar yang  kurang  baik
6)       Kurang  perhatian  dan  minat  terhadap pelajaran sekolah, malas  dalam  belajar, dan sering  bolos   atau  tidak   mengikuti  pelajaran.

b.      Ekstern  Faktor
Faktor ini  meliputi  semua situasi  dan  kondisi  lingkungan siswa  yang  tidak  kondusif bagi  terwujudnya aktifitas-aktifitas  belajar. Yang  termasuk  dalam  faktor  ini  adalah:
1)      Lingkungan  keluarga, seperti  tidak   harmonisan  hubungan  antara  ayah  dan  ibu,  dan  rendahnya  tingkat  ekonomi  keluarga  serta  sikap  orang  tua  yang  tidak  memperhatikan  anaknya.
2)      Lingkungan  masyarkat,  seperti  wilayah   yang  kumuh, teman  sepermainan  yang  nakal.
3)      Lingkungan  sekolah, seperti  kondisi dan  letak  gedung sekolah  yang  buruk,seperti  dekat  pasar  kondisi  guru, serta  alat-alat   belajar  yang   berkualitas  rendah.
4)      Guru  sebagai  pembina  siswa  belajar. Guru  adalah pengajar  yang  mendidik. Dia  tidak  hanya  mengajar  bidang  studi   yang  sesuai  dengan  keahliannya, tetapi  juga   menjadi  pendidik  pemuda  generasi  bangsa.
5)      Kurikulum  sekolah. Adanya  kurikulum   baru  akan  menimbulkan  masalah  seperti  tujuan  yang  akan  dicapai  mungkin juga  berubah, isi  pendidikan  berubah, kegiatan  belajar  mengajar  juga  berubah  serta  evaluasi  berubah.
6)      Metode  belajar   yang  kurang  memadai

2.      SOLUSI  UNTUK  MENINGKATKAN  BELAJAR SISWA

Ada  beberapa  solusi  yang  bisa  dilakukan   oleh  orangtua  maupun  guru   untuk  meningkatkan  minat  belajar  siswa  adalah  sebagai  berikut:
1)       Menanamkan   pengertian  yang  benar  tentang  belajar  pada  siswa  sejak dini, menumbuhkan  inisiatif  belajar  mandiri pada siswa, menanamkan  kesadaran  serta  tanggung  jawab    sebagai  pelajar   pada  siswa  merupakan  hal-hal  lain   yang  bermanfaat  jangka  panjang.
2)      Berikan  intensif  jika  siswa  belajar. Intensif  yang  dapat  diberikan  ke  siswa  tidak  selalu   berupa  materi, tetapi  bisa  juga  berupa  penghargaan  dan  perhatian.
3)      Orang  tua   sering  mengajukan pertanyaan   tentang  hal-hal  yang  diajarkan  di  sekolah  pada  anak.sehingga  orang  tua  tahu  perkembangan   anak  di  sekolah.
4)      Guru  dalam  mengajar  harus  melibatkan  anak  secara  aktug  melalui  kegiatan  diskusi, tugas  kelompok  agar anak   tidak  bosan  di  dalam  kelas. Karena  metode  guru yang  mengajar   dengan  berceramah  saja  akan  membuat  siswa  merasa  bosan  dan  tidak  memperhatikan.
5)      Guru  harus  mempunyai  model  pembelajaran  yang  bervariasi  dalam setiap  pertemuan  agar  tidak  monoton, sehingga  siswa  semangat  dengan  metode    pembelajaran  yang  baru.
6)      Menciptakan  suasana   belajar  yang  baik  dan  nyaman, orangtua  memberikan  perhatian  dengan   cara mengarahkan  dan  mendampingi  anak  saat  belajar.

Our Blog

55 Cups
Average weekly coffee drank
9000 Lines
Average weekly lines of code
400 Customers
Average yearly happy clients

Our Team

Tim Malkovic
CEO
David Bell
Creative Designer
Eve Stinger
Sales Manager
Will Peters
Developer

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Search This Blog

Powered by Blogger.

informasi pendidikan

Apa Perbedaan Agama dan spiritualitas

Menurut pandangan saya, agama dan spiritualitas adalah dua konsep yang berbeda meskipun terkait erat. Agama adalah pengorganisasian gagasan-...