1. PERMASALAHAN PESERTA
DIDIK DALAM BELAJAR
Faktor-faktor yang
ikut berperan terhadap
timbulnya permasalahan pada
peserta didik yaitu:
a.
Faktor Intern
Faktor
ini meliputi gangguan
psiko fisik, yakni:
1) Yang bersifat
kognitif seperti rendahnya
kapasitas intelektual.
2) Yang bersifat
afektif antara labilnya
emosi dan sikap. Kelemahan emosional,seperti merasa
tidak aman, kurang menyesuaikan
diri serta ketidakmatangan emosi
3) Yang bersifat
psikomotor antara lain terganggunya
alat indra, cacat tubuh, serta
kurang berfungsinya organ-organ
perasaan.
4) Kurangnya motivasi
belajar akan menyebabkan
anak atau siswa
malas untuk belajar.
5) Konsentrasi belajar yang
kurang baik
6) Kurang
perhatian dan minat
terhadap pelajaran sekolah, malas
dalam belajar, dan sering bolos
atau tidak mengikuti
pelajaran.
b.
Ekstern Faktor
Faktor ini meliputi
semua situasi dan kondisi
lingkungan siswa yang tidak
kondusif bagi terwujudnya
aktifitas-aktifitas belajar. Yang termasuk
dalam faktor ini
adalah:
1) Lingkungan keluarga, seperti tidak
harmonisan hubungan antara
ayah dan ibu,
dan rendahnya tingkat
ekonomi keluarga serta
sikap orang tua
yang tidak memperhatikan
anaknya.
2) Lingkungan masyarkat,
seperti wilayah yang
kumuh, teman sepermainan yang
nakal.
3) Lingkungan sekolah, seperti kondisi dan
letak gedung sekolah yang
buruk,seperti dekat pasar
kondisi guru, serta alat-alat
belajar yang berkualitas
rendah.
4) Guru sebagai
pembina siswa belajar. Guru
adalah pengajar yang mendidik. Dia
tidak hanya mengajar
bidang studi yang
sesuai dengan keahliannya, tetapi juga
menjadi pendidik pemuda
generasi bangsa.
5) Kurikulum sekolah. Adanya kurikulum
baru akan menimbulkan
masalah seperti tujuan
yang akan dicapai
mungkin juga berubah, isi pendidikan
berubah, kegiatan belajar mengajar
juga berubah serta
evaluasi berubah.
6) Metode belajar
yang kurang memadai
2.
SOLUSI UNTUK
MENINGKATKAN BELAJAR SISWA
Ada
beberapa solusi yang
bisa dilakukan oleh
orangtua maupun guru
untuk meningkatkan minat
belajar siswa adalah
sebagai berikut:
1) Menanamkan
pengertian yang benar
tentang belajar pada
siswa sejak dini, menumbuhkan inisiatif
belajar mandiri pada siswa,
menanamkan kesadaran serta
tanggung jawab sebagai
pelajar pada siswa
merupakan hal-hal lain
yang bermanfaat jangka
panjang.
2) Berikan intensif
jika siswa belajar. Intensif yang
dapat diberikan ke
siswa tidak selalu
berupa materi, tetapi bisa
juga berupa penghargaan
dan perhatian.
3) Orang tua
sering mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang diajarkan
di sekolah pada
anak.sehingga orang tua
tahu perkembangan anak
di sekolah.
4) Guru dalam
mengajar harus melibatkan
anak secara aktug
melalui kegiatan diskusi, tugas kelompok
agar anak tidak bosan
di dalam kelas. Karena
metode guru yang mengajar
dengan berceramah saja
akan membuat siswa
merasa bosan dan
tidak memperhatikan.
5) Guru harus
mempunyai model pembelajaran
yang bervariasi dalam setiap
pertemuan agar tidak
monoton, sehingga siswa semangat
dengan metode pembelajaran yang
baru.
6) Menciptakan suasana
belajar yang baik
dan nyaman, orangtua memberikan
perhatian dengan cara mengarahkan dan
mendampingi anak saat
belajar.
0 comments:
Post a Comment