PT. Danone Aqua dengan program “Satu untuk Sepuluh”
Program “Satu untuk Sepuluh” merupakan program penjangkauan masyarakat yang bertujuan untuk mempromosikan hidup sehat dengan menyediakan akses air bersih dan pendidikan kesehatan. Untuk setiap liter produk AQUA berlabel khusus yang dijual, program ini berkomitmen memberikan 10 liter air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.
Program ini dilakukan berdasarkan alasan sebagai berikut:
1. Masalah kelangkaan air tetap
menjadi suatu tantangan besar
yang harus ditangani melalui
pendekatan baru.
2. Program ini sejalan dengan
semangat kelanjutan dan tujuan. pendekatan. Penting untuk
tetap fokus dan berkomitmen
terhadap tantangan kelangkaan air untuk. menciptakan dampak yang. berkesinambungan.
Analisis Swot
Strengths
Kegiatan ini dapat membangun citra positif bagi perusahaan; menambah kepercayaan publik kepada produk AQUA; menambah profit perusahaan; terdapat kurang lebih 21 ribu jiwa merasakan dampak positif kegiatan ini; produk AQUA dapat dipromosikan ke berbagai daerah.
Weknesses
Akses air bersih dari
kegiatan ini hanya di
rasakan oleh warga di
NTT saja.
Opportunities
Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat;
selain di NTT, masih banyak
daerah di Indonesia yang krisis air bersih; melalui kegiatan ini, AQUA membantu masyarkat NTT untuk mendapatkan air
bersih.
Threats
Akses menuju desa yang sulit;
jarak desa yang jauh, cuaca yang sangat ekstrim sehingga timbul kekeringan.
Kritik
Program CSR yang dilaksanakan oleh PT Danonen diharapakan dapat lebih luas dan bervariasi sebab masih banyak daerah yang perlu mendapat bantuan dari perusahaan seperti PT Danone. Jika ditelisik lebih mendalam PT Danone yang diberikan izin menggunakan sumber daya air untuk kelangsungan perusahaan oleh negara barang tentu harus dan wajib melakukan sumbangan sosial yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia. Ketersediaan air merupakan amanat dari Konstitusi kita Pasal 33 ayat 3 dimana Bumi, air dan kekayaan yang terkandung didalamnya dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Hal yang wajar jika PT Danone seharusnya lebih banyak melakukan program-program yang sifatnya sosial demi tersedianya air bagi masyarakat.
Saran
Sebagai PT yang bergerak dalam Tujuan mengambil untung atau deviden sudah seharunya dialukan hal-hal yang menunjang konsep sustainable seperti lebih tanggap terhadap pelestarian lingkungan dan kemanfaaatan bagi masyarakat banyak. Seyogyanya nanti program CSR dari perusahaan yang memanfaatkan SDA dari negara Indonesia harus
lebih banyak memberikan sumbangsih sosial bagi masyarakat.
0 comments:
Post a Comment