Sunday, 12 January 2020
PENDAHULUAN
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan pembentukan dan peningkatan kemampuan professional. Kegiatan yang mencakup PPL diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. Kegiatan PPL ini untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL difokuskan pada komunitas sekolah yang mencakup aktivitas internal sekolah. Pelaksanaan PPL ini mempunyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran.
Usaha peningkatan efisisensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus dilakukan dalam kegiatan PPL yang menjadi konsentrasi untuk ditingkatkan kualitasnya. Adapun tujuan dari PPL ini yaitu, untuk memberikan pengalaman kepada siswa dan mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Serta memperluas wawasan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam pemecahan masalah.
Secara legal telah dinyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan dituntut untuk memiliki sejumlah kompetensi. Kompetensi yang dimaksud di atas adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Hal tersebut mengacu pada undang-undang Guru dan Dosen nomor 14 Tahun 2005, khususnya yang berkenaan dengan empat kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Sedangkan standar kompetensi yang harus dipenuhi dalam kegiatan PPL yaitu mahasiswa dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan memiliki 4 kompetensi sebagai guru yang terdapat dalam undang-undang Guru dan Dosen nomor 14 Tahun 2005.
Kegiatan PPL yang dilakukan mencakup penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, ujian praktik mengajar, menyusun dan mengembangkan alat evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar, pengembangan media, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pembelajaran.
Dengan dilaksanakannya program PPL diharapkan dapat memberikan dampak yang bermakna untuk semua pihak yang terkait, baik pada mahasiswa dalam rangka pengembangan kompetensinya, maupun kepada sekolah, lembaga, klub, universitas, pemerintah daerah, maupun Dinas Pendidikan untuk meningkatkan dan mengembangkan tugas dan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, diperlukan komitmen yang tinggi dari semua komponen yang terkait.
1. Permasalahan
Permasalahan yang dihadapi mahasiswa PPL di antara lain sebagai berikut.
a. Siswa sulit dikondisikan oleh mahasiswa PPL ketika pembelajaran berlangsung. Siswa masih semaunya sendiri, kurang merespon perintah dari mahasiswa PPL. Namun, ketika diajar oleh guru kelas, siswa cenderung lebih tenang. Ketika mahasiswa PPL yang mengajar dengan ditunggui guru kelasnya, siswa juga lebih mudah dikondisikan. Hal tersebut disebabkan karena kedekatan antara siswa dan mahasiswa PPL.
b. Sebagian besar siswa kelas rendahmasih sering bermain-main di dalam kelas dan mengganggu temannya ketika proses pembelajaran. Mereka belum bisa fokus terhadap proses pembelajaran yang berlangsung.
c. Beberapa siswa yang sangat akrab dengan mahasiswa PPL sehingga terkesan santai dan kurang serius dalam proses pembelajaran dan kurang dapat menghargai bahwa mahasiswa PPL yang ada disana adalah guru mereka.
d. Adanya beberapa siswa yang kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga cenderung mencari perhatian dan membuat gaduh. Hal ini tentu mengganggu kegiatan belajar mengajar.
LAPORAN HASIL KERJA My_PlannerBali
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpah dan nikmat dan karunianya berupa kemudahan dan kelancaran sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal usaha ini. Proposal ini disusun agar dapat memepelajari bagaimana mengelola suatu usaha kecil di sekitarnya dengan memanfaatkan peluang yang ada menjadi hal yang bernilai jual dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana penjualan. Penulis menyadari dalampenyusunan proposal ini terdapat kesalahan. Maka kritik dan juga saran diharapkan dari para pembaca. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini dari awal hingga akhir.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Profil usaha
Nama usaha yang akan dirintis adalah “My_Plannerbali”, usaha ini merupakan usaha yang berbasis online, menyediakan peralatan pesta, seperti perayaan ulang tahun, anniversary, bridal shower dan acara lainnya.
Dilaksanakan
Seiring perkembangan zaman dan teknologi, masyarakat kini gemar mengadakan pesta perayaan ulang tahun, anniversary, baby shower, graduation, dan sebagainya. Oleh karena itu kebutuhan masyarakat akan perlengkapan yang mendukung acara tersebut agar lebih meriah dan menarik semakin dibutuhkan serta dicari oleh masyarakat. Usaha yang kami jalani merupakan salah satu usaha berbasis online yang menyediakan party stuff atau perlengkapan pesta dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.
BAB II
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
2.1 Uraian Umum Usaha
My Planner Bali adalah usaha yang kami jalani menggunakan media sosial sebagai media promosi dan penjualan. Sebelum memulai usaha ini, kami telah memperhitungkan secara matang mulai dari produk apa yang akan dijual dan tempat penyedia (supplier) produk tersebut. Kami terinspirasi dari fenomena yang ada di sekitar kami mengenai perilaku masyarakat yang konsumtif, yang tertarik untuk merayakan momen spesial mereka. Kami yakin usaha yang kami jalani akan berkembang dan maju untuk ke depannya, karena kami jamin produk kami tidak kalah saing dengan produk serupa lainnya.
2.2 Latar Belakang
Dengan melihat perkembangan zaman dan teknologi pada saat ini, banyak masyarakat yang berniat atau tertarik untuk membuka usaha kecil khususnya usaha yang berbasis online (online shop). Disini kami akan memperkenalkan usaha kecil kami yang menyediakan perlengkapan pesta, yang bernama “My_Plannerbali”. Usaha kami ini berawal dari fenomena yang kami temukan di lingkungan sekitar. Di sampng itu usaha kami juga menjajikan karena kami menyediakan perlengkapan pesta yang sedang happening.
2.3 Tujuan Usaha
Tujuan kami membuka usaha ini, di antaranya;
1. Memenuhi kebutuhan masyarakat.
2. Mencoba peruntungan dengan. bantuan media sosial.
3. Menambah pengalaman dibidang. usaha. kecil
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Target dan Situasi Persaingan
3.1.1 Target Konsumen
Usaha yang kami jalani merupakan usaha yang menjual produk yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Adapun target konsumen dari usaha kami dilihat dari segi usia, yaitu para pelajar, mahasiswa dan anak muda. Namun tidak menutup kemungkinan pada kalangan anak-anak ataupun dewasa.
3.1.2 Situasi Persaingan
Karena usaha kami yang berbasis online terdapat penjual lain yang membuka usaha yang sama seperti usaha yang kami miliki.jadi banyaknya penjual tersebut menambah persaingan dalam usaha kami.
3.2 Rencana Usaha
3.2.1 Strategi Usaha
Kami memanfaatkan peluang usaha yang ada dengan menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan usaha kami secara baik dan terkonsep. Dengan memerhatikan SWOT atau kekuatan (strength), kelemahan (weaknes), peluang (opportunity), dan ancaman (treat) usaha. Di awal usaha kami berusaha memperkenalkan produk secara langsung kepada masyarakat baik lisan maupun tulisan (promo di sosial media).
3.2.2 Rancangan dan Strategi Penjualan :
1. Membuat akun di aplikasi Instagram. dengan nama “My_Plannerbali”.
2. Membuat logo My_Plannerbali.
3. Mencantumkan nomor whatsapp di. bio Instagram.
4. Mencantumkan lokasi home industri (hanya kota nya).
5. Mengunggah foto product sejelas . mungkin sehingga tidak. mengecewakan konsumen.
6. Mengunggah foto product yang digunakan pada model agar memudahkan konsumen untuk melihat contoh product yang digunakan.
7. Mengunggah testimoni konsumen yang pernah membeli product agar konsumen lainnya tertarik dan percaya pada online shop kami.
3.3.3 Strategi Promosi
1. Strategi promosi yang digunakan yaitu memberi potongan harga bagi konsumen yang memesan 3 atau lebih product kami.
2. Memberikan product kepada orang yang memiliki banyak followers dan masih berkaitan dengan product yang dijual dan mengunggah foto product yang digunakan oleh orang yang bersangkutan dan memberikan tag kepada akun instagram kami, biasanya cara ini disebut dengan endorsement.
4. Mengunggah testimoni konsumen di akun agar dapat meyakinkan calon pembeli.
5. Mengunggah foto konsumen yang menggunakan product My_Plannerbali di akun instagram.
6. Memberikan hashtag pada caption agar mempermudah calon konsumen untuk mengunjungi akun instagram kami.
3.3.4 Penetapan Harga Jual
Harga jual My_Plannerbali ditetapkan dengan menghitung harga pokok produk ditambah biaya yang dikeluarkan untuk ongkos dan keuntungan, setiap barang memiliki harga yang berbeda-beda tergantung modal awal.
3.3.5 Periklanan dan Promosi
Dalam memperkenalkan produk, selain secara langsung kepada keluarga dan kerabat, kami juga memanfaatkan akun sosial, media yang kami miliki seperti, instagram, lain-lain.
BAB IV
ASPEK RESIKO
4.1 Masalah-Masalah yang Potensial
Masalah yang mungkin kami hadapi yaitu kurangnya minat konsumen, terdapat online shop lain yang lebih inovatif. Selain itu pengalaman yang minim dalam berwirausaha membuat kami harus belajar dari kesuksesan dan kegagalan pewira usaha lainnya.
4.2. Resiko dan Hambatan
Dalam membuka usaha kecil, kita harus siap menerima resiko dan hambatan yang mungkin terjadi. Resiko tersebut dapat berupa terbatasnya waktu luang yang kami milki dan harus siap menghadapi jatuh bangun dalam mengelola usaha kecil ini, selain itu kerugian antara modal dan pendapatan. Sedangkan hambatan yang mungkin terjadi pada saat membuka usaha terdapat pada modal yang terbatas dan pessing yang menjual produk semacam usaha kami.
4.3. Tindakan Alternatif
Adanya resiko dan hambatan pada usaha kami mengharuskan kami untuk segera mengambl tinddakan tindakan untuk mengatasi hal tersebut harus dilakukan secara efektif yaitu dengan selalu memunculkan inovasi dan menyediakan produk yang lebih baik dan beragam.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dalam mendirikan usaha kecil seorang wirausaha harus memiliki jiwa kewirausahaan. Selain itu harus mempunyai tekad dan komitmen yang kuat untuk menjalani usaha yang dijalankan kita harus memiliki kemampuan untuk membaca kondisi pasar sehingga kami dapat meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.
5.2 Saran
Dengan kondisi ekonomi saat ini diharapkan dapat bermunculan wirausaha muda yang kreatif yang dapat mengembangkan perekonomian negara. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses dibutuhkan adanya keseriusan dalam membangun dan mengembangkan usaha yang digeluti meskipun berawal dari usaha yang kecil.
Friday, 10 January 2020
Perihal: Program Workshop Gratis
Dengan Hormat,
Pada era globalisasi sekarang ini, bahasa inggris telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dibandingkan pada masa - masa sebelumnya. banyak peluang untuk. bertemu dengan orang asing maupun melakukan berbagai kegiatan bisnis dengan bahasa lain sudah tidak dapat dihindari lagi.
Dengan demikian, sangat penting bagi perusahaan kami untuk memastikan bahwa karyawannya dapat berkomunikasi mengunakan bahasa inggris dengan penuh percaya diri sehingga mampu bersaing di era nasional maupun internasional.
perusahaan kami telah berpengelaman dalam membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelatihan bahasa inggris para. karyawannya. selama lebih dari 35 tahun, perusahaan kami telah menyelengarakan pelatihan bahasa inggris bagi perusahaan. dalam berbagai bidang indistri, diantaranya perusahaan pertambangan minyak dan gas, perkapalan, farmasi, perbankan, industri pemerintah, badan hukum, sekolah maupun universitas.
Bersama surat ini, perusahaan kami bermaksud mengadakan workshop gratis di sekolah -sekolah yang bapak/ ibu pimpin,yang mana terbuka bagi semua siswa atau hanya untuk kelas- kelas tertentu yang ditunjukan oleh pihak sekolah dan tidak dikenakan biaya.
Adapun program workshop yang sudah kami jalankan bertahun - tahun di berbagai sekolah yang diharapkan dapat meningkatkan minat generasi mudah untuk mempelajari bahasa inggris yang merupakan bahasa pengantar di dunia internasional.
Adapun beberpa program yang dapat kami tawarkan dalam kegiatan workshop tersebut meliputi:
1. Listening
2. Speaking
3. Reading
4. Writing
5. IELTS dan TOEFL
Dan tentunya masih banyak program- program lainnya. Kami berharap dapat bertemu langgsung dengan bapak/ ibu untuk membicarakan lebih jauh mengenai hal ini.
perogram ini secara rutin dilakasankan setiap tahun, perusahaan kami bisa memberi penghargaan dalam bentuk hadiah kepada siswa yang berhasil meraih peringkat terbaik 1,2 dan 3 masing- masing anak. bicara tentang usaha kerja keras anak dalam belajar, kita sebagai orang tua harus memberi motivasi yang. tinggi untuk memompa semngat belajar anak. jika seorang anak secara terus menerus belajar maka diperlukan juga dorongan motivasi dari luar salah satu pendorong semangat belajar dengan cara memberi penghargaan berupa hadia, sehingga anak terus bersemangat dalam belajar karena di beri hadiah.
perusahan kami memiliki kepedulihan tinggi terhadap pendidikan anak bangsa.
perusahaan kami sangat memahami. bahwa memberi penghargaan merupakan salah satu upaya dapat mendorong siswa dalam belajar.
perusahan kami memiliki kepedulihan tinggi terhadap pendidikan anak bangsa.
perusahaan kami sangat memahami. bahwa memberi penghargaan merupakan salah satu upaya dapat mendorong siswa dalam belajar.
Terima kasih banyak atas perhatian dan kerjasamanya. perusahaan kami akan selalu mendukung kegiatan akdemis dengan berbagai kegiatan positif dalam rangka mengembangkan kemampuan berbahasa inggris para siswa dan juga para pengajar bahasa inggris.
Demikian Surat pengantar ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapakan banyak terima kasih.
Hormat kami
Johanes Gaan
Marketing Officer
Thursday, 9 January 2020
kabupaten Nagekeo memiliki aneka jenis kain tenun. kain tenun nagekeo yang bisa digunakan terdiri dari 3 jenis yaitu: Hoba Nage, Ragi Woi, Dan Dawo. setiap daerah memiliki ciri khas kain tenun tersendiri dengan motif yang berbeda beda dan memiliki seni tersendiri.
kain tenun nagekeo sudah diwariskan secara turun temurun oleh para leluhur kepada generasi penerus sebagai ahli waris yang harus kita menjaga, memelihara, melestarikan menjadi nilai- nilai budaya dalam kegiatan ritual- ritual adat di berbagai wilayah.
kain tenun Nagekeo sudah di kenal di dalam maupun di luar negri dan tentunya menjadi kebanggaan kita semua. motif kain Tenun Nagekeo memberi makna tersendiri. motif untuk para wanita,berwarna hitam,putih dan merah dengan motif cerah berbunga - bunga ,sedangkan kain tenun peria berdonasi warna hitam dengan motif kuning keemasan.
kain tenun nagekeo tidak dijadikan sebagai motif. kegiatan budaya saja, melainkan sebagai salah satu potensi ekonomi di daerah untuk masa depan anak bangsa.
kain tenun nagekeo lebih identik dengan kombenasi berwarna hitam dan kuning keemasan. kombenasi warna mencolak kuning keemasan inilah yang membuat kain tenun asal nagekeo lebih mudah di ingat dibandingkan dengan kain tenun ikat dari daerah lain.
untuk itu, bagi generasi- generasi mudah mari kita sama sama menjaga dan melestarikan kain tenun asal daerah kita, lebih khusus kabupaten Nagekeo menjadi harta dan ahli waris budaya kita.
Thursday, 26 December 2019
pada zaman dahulu hiduplah seorang raja
dan Permaisuri ( istri dari saja tersebut) mereka tingal di istana yang mewah dan penuh dengan kekayaan. hidup mereka penuh dengan kemewahan. namun raja dan permaisuri tersebut belum mempunyai keturunan ( anak). Pada suatu hari istri raja tersebut Ngidam makan hati Monyet yang masih segar.namun raja menjawab, istriku memeng agak susah mencari hati Monyet. akan tetapi istri raja tersebut terus memaksa untuk mencari hati Monyet untuk di makan.
keesokan harinya raja dan permaisuri pergi menyelusiri hutan untuk mencari Monyet untuk di ambil hatinya. saat di perjalanan raja menemukan seekor monyet yang lagi asik makan mangga di atas pohon, monyet itu sangat lincah dan cekatan lompat ke sana ke mari di atas pohon. monyet sebut bertaya kepada raja. apakah ada yang bisa saya bantu? raja mulai mencari akal/ ide untuk membohongi monyet tersebut. kata raja, istri saya mengundang anda ( monyet) untuk makan malam di istana kami,apapun segala jenis makan yang engkau inginkan akan saya sediakan di istana nanti malam untuk menyambut kedatanganmu. monyet menjawab benar kah itu? raja pun jawab iya benar. monyet tersebut langgsung jalan mengikuti raja tersebut ke istana. sesampinya di istana raja langgsung mengikat tangan si monyet tersebut. istri raja tersebut sangat senang melihat monyet yang telah di dapat oleh sang raja. monyet kembali bertanya kepada si raja dan istrinya.maksud apa kalian mengikat tangan saya, tidakah kalian mengajak saya ke istana untuk makan malam bersama kalian. raja mulai menjawab dengan suara keras. sebenarnya begini, istri saya lagi Ngidam makan hati anda ( Monyet) sebenarnya tadi di atas pohon mangga saya membohongimu supaya engkau bisa datang ke istana kami , dan segera saya akan ambilkan hati dan memberikan kepada istri saya. Monyet pun tidak kehilangan akal, dan mulai kembali membohongi raja dan permaisuri. sebenarnya begini, hati saya tidak saya bawah dan masih saya gantung di atas pohon mangga, tidakah raja tau kalau para monyet saat. memanjat pohon yang tinggi hatinya selalu di gantung. dan jika raja membunuh saya, di dalam perut saya tidak ada hati tentu raja tidak mendapatkan apa yang raja dan permaisuri inginkan, kata si monyet. lalu apa yang harus kami buat untuk mendaptkan hatimu ,kata si raja. monyet menjawab raja dan dan permaisuri lepaskan ikatan di tangan saya, dan ijinkan saya untuk mengambil hati yang saya gantung di atas pohon, dan langgsung saya berikan ke permaisuri raja untuk di hidangkan. raja menjawab benarkan itu monyet ? iya benar kata si monyet.
ketika raja melepas tali yang di ikat di tangan monyet pun langgsung labur ke atas pohon. sambil tertawa dengan suara keras,hahahahahahah dasar raja dan permaisuri bodoh tolol, tidakah segalah jenis makluk ciptaan tuhan lengkap dengan organ tubuh, barang siapa tidak memiliki satu organ tubuh berarti dia sudah pasti mati. istri saja mulai kebingungan karena tertipu, dan menangis terseduh seduh.
sekian dan terima kasih.
Wednesday, 25 December 2019
WAWANCARA DENGAN
PEDAGANG RUJAK DAN TIPAT CANTOK
Narasumber :Selamat sore Ibu maaf mengganggu, boleh minta waktu sebentar untuk. wawancara?
Penjual : Iya boleh
Narasumber : Siapa nama Ibu?
Penjual : Ibu Made
Narasumber : Sudah berapa lama Ibu bekerja sebagai penjual?
Penjual : Sudah 10 tahun
Narasumber : Pukul berapa biasanya Ibu mulai berjualan?
Penjual : Pukul 10 pagi
Narasumber : Pukul berapa biasanya selesai berdagang?
Penjual : Pukul 18:00 sore
Narasumber : Mengapa Ibu memilih bekerja sebagai pedagang?
Penjual : Karena saya Ibu rumah tangga
Narasumber : Rujak apa saja yang Ibu jual?
Penjual : Ada Rujak Kuah Pindang, Rujak Gula Pasir, Rujak Gula Bali Rujak Sale Cukap, dan masih banyak lainnya.
Narasumber : Apakah ada juga makanan lain yang Ibu jual?
Penjual : Ada tipat cantok, Tipat Plecing, Tipat Serombotan serta lainnya.
Narasumber : Bisa beritau saya bu, bagaimana cara buat Rujak Kuah Pindang
Penjual : Bisa, mau rujak manis atau kuah pindang?
Narasumber : Kuah pindang saja bu. Bahan-bahan apa saja untuk membuat rujak kuah pindang?
Penjual : Bahannya, cabe, terasi, gula, kuah pindang, dan buah. Dicoba dulu bagaimana rasa kuah pindangnya.?
Narasumber : Rasanya enak sekali bu, Bagaimana cara Ibu untuk. menarik perhatian konsumen?
Penjual : Sudah ada langganannya
Narasumber : Berapa modal awal Ibu buka usaha?
Penjual : secara keseluruhan modal awalnya Rp 1.000.000
Narasumber : Kira-kira berapa penghasilan yang Ibu dapatkan perhari?
Penjual. : Sekitar Rp 75.000 - Rp. 100.000 perhari
Narasumber : Apakah hasil tersebut sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari?
Penjual : Itu sudah cukup
Narasumber : Apa suka duka Ibu selama menjadi pedagang?
Penjual : Yang sukanya, di saat rame, kalau dukanya saat musim hujan
Narasumber : Apa harapan Ibu untuk kedepannya?
Penjual. : Saya mau yang sederhana saja cukup untuk makan buat
keluarga
Narasumber : Luar biasa bu, saya kira sudah cukup mengetahui tentang usaha Ibu, saya mengucapkan terima kasih, semoga usahanya lebih baik.
Penjual : Iya astungkara gek.
Saturday, 21 December 2019
I.1 Latar belakang
Camping Ground / Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan yang dilaksanakan pada malam hari. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan untuk rekreasi atau refreshing untuk lepas dari rasa stress dan bosan yang berhari-hari tertumpuk. Juga agar bisa menikmati keindahan alam secara langsung didepan mata.
Aktivitas berkemah biasanya dilakukan secara berkelompok baik dari sebuah lembaga, komunitas, sekolah, maupun rekan kerja. Kegiatan berkemah merupakan kegiatan yang pasti dilakukan ketika seseorang atau sekelompok orang melakukan pendakian ke gunung. Kegiatan ini selain dilakukan di gunung biasanya juga dilakukan di bumi perkemahan atau tempat outdoor lainnya.
Kegiatan ini setiap tahunnya semakin meningkat. Ketika seseorang atau sekelompok orang melakukan kegiatan berkemah ataupun mendaki tentu banyak peralatan yang dibutuhkan, seperti tas carrier, sepatu, tenda, trekking pole, kompor, matras, sleeping bag hingga flysheet. Harga alat-alat yang digunakan juga cukup merogoh kocek jutaan rupiah jika membeli alat berkualitas baik dan lengkap. Tentu hal ini cukup berat dimiliki apalagi jika seseorang atau sekelompok orang tersebut masih bersekolah.
Putra outdoor merupakan rental outdoor yang dibangun untuk membantu seseorang atau sekelompok orang yang ingin melakukan kegiatan berkemah ataupun mendaki tanpa perlu pusing membeli peralatan outdoor dengan menyewakan alat - alat outdoor dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.
I.2 Identitas Usaha
Nama Usaha : Putra Outdoor (Peralatan. Untuk Travelling? Rent Aja!)
Alamat Usaha : Jln. Diponegoro No. 100. Denpasar, Bali
Jenis Usaha : Produk Barang
No Telp : 081234567890
E-Mail :rentaloutdoormurah@gmail.com
BAB II
ANALISIS RANCANGAN BISNIS
II.1 Tujuan Bisnis
Tujuan Bisnis dari Usaha Putra Outdoor
adalah :
Mendapatkan keuntungan / profit
Membantu kebutuhan seseorang / sekelompok orang yang ingin berkemah
Meringankan biaya seseorang / sekelompok orang yang ingin berkemah
Meningkatkan prestasi belajar
II.2 Analisis SWOT
STRENGHTS
Peralatan outdoor merupakan kebutuhan wajib bagi yang ingin berkemah atau mendaki. Adanya rental outdoor tentu membantu dan meringankan biaya dalam kegiatan tersebut.
WEAKNESS
Kualitas barang semakin menurun seiring dengan waktu pemakaian.
OPPORTUNITIES
Aktivitas berkemah biasanya dilakukan secara berkelompok baik dari sebuah lembaga, komunitas, sekolah, maupun rekan kerja. Oleh karena itu, ada peluang untuk bekerja sama.
THREATS
Bermunculannya jasa rental outdoor yang serupa, dan resiko kerusakan barang bahkan kehilangan barang.
II.3 Target Customer
Adapun Target dari Bisnis ini adalah :
Siswa/i sekolah di wilayah Denpasar
Mahasiswa/i di wilayah Denpasar
Masyarakat yang suka berkemah / mendaki
Wisatawan luar daerah maupun luar negeri
II.4 Media Promosi
Media Online
Instagram merupakan sebuah aplikasi gratis untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan video tersebut. Dan dapat berbagi pada layanan jejaring sosial yang lainnya.
Salah satu kelebihan promosi lewat Instagram adalah pengguna Instagram sudah terjamin melek teknologi. Artinya, mereka yang aktif di Instagram pastilah aktif pula di Twitter dan mungkin juga Facebook.
Karena itu, sangat tepat bila mempromosikan produk melalui Instagram dan dibantu jejaring sosial lainnya, pengguna Instagram pastilah memiliki gadget dan smartphone yang mendukung aplikasi tersebut seperti iPhone, Android, dan sebagainya yang berarti Instagram menguntungkan bagi para penjual/pemilik usaha
BAB III
PENUTUP
III.1 Simpulan
Wirausaha adalah hal yang paling menantang dan menyenangkan. Tidak bisa dipungkiri dalam memulai usaha banyak hal yang perlu diperhatikan, banyak masalah yang akan datang dan penuh resiko. Tetapi dalam menjalankan usaha tentu tidak terlepas dari yang namanya strategi, rancangan dan cara pemasaran. Disilah letak pentingnya komunikasi, terutama komunikasi bisnis dan pemasaran. Maju atau mundurnya usaha ditentukan dari usaha, analisis dan komunikasi itu sendiri dalam mempromosikan usaha tersebut.