LAPORAN HASIL KERJA My_PlannerBali
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpah dan nikmat dan karunianya berupa kemudahan dan kelancaran sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal usaha ini. Proposal ini disusun agar dapat memepelajari bagaimana mengelola suatu usaha kecil di sekitarnya dengan memanfaatkan peluang yang ada menjadi hal yang bernilai jual dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana penjualan. Penulis menyadari dalampenyusunan proposal ini terdapat kesalahan. Maka kritik dan juga saran diharapkan dari para pembaca. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini dari awal hingga akhir.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Profil usaha
Nama usaha yang akan dirintis adalah “My_Plannerbali”, usaha ini merupakan usaha yang berbasis online, menyediakan peralatan pesta, seperti perayaan ulang tahun, anniversary, bridal shower dan acara lainnya.
Dilaksanakan
Seiring perkembangan zaman dan teknologi, masyarakat kini gemar mengadakan pesta perayaan ulang tahun, anniversary, baby shower, graduation, dan sebagainya. Oleh karena itu kebutuhan masyarakat akan perlengkapan yang mendukung acara tersebut agar lebih meriah dan menarik semakin dibutuhkan serta dicari oleh masyarakat. Usaha yang kami jalani merupakan salah satu usaha berbasis online yang menyediakan party stuff atau perlengkapan pesta dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.
BAB II
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
2.1 Uraian Umum Usaha
My Planner Bali adalah usaha yang kami jalani menggunakan media sosial sebagai media promosi dan penjualan. Sebelum memulai usaha ini, kami telah memperhitungkan secara matang mulai dari produk apa yang akan dijual dan tempat penyedia (supplier) produk tersebut. Kami terinspirasi dari fenomena yang ada di sekitar kami mengenai perilaku masyarakat yang konsumtif, yang tertarik untuk merayakan momen spesial mereka. Kami yakin usaha yang kami jalani akan berkembang dan maju untuk ke depannya, karena kami jamin produk kami tidak kalah saing dengan produk serupa lainnya.
2.2 Latar Belakang
Dengan melihat perkembangan zaman dan teknologi pada saat ini, banyak masyarakat yang berniat atau tertarik untuk membuka usaha kecil khususnya usaha yang berbasis online (online shop). Disini kami akan memperkenalkan usaha kecil kami yang menyediakan perlengkapan pesta, yang bernama “My_Plannerbali”. Usaha kami ini berawal dari fenomena yang kami temukan di lingkungan sekitar. Di sampng itu usaha kami juga menjajikan karena kami menyediakan perlengkapan pesta yang sedang happening.
2.3 Tujuan Usaha
Tujuan kami membuka usaha ini, di antaranya;
1. Memenuhi kebutuhan masyarakat.
2. Mencoba peruntungan dengan. bantuan media sosial.
3. Menambah pengalaman dibidang. usaha. kecil
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Target dan Situasi Persaingan
3.1.1 Target Konsumen
Usaha yang kami jalani merupakan usaha yang menjual produk yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Adapun target konsumen dari usaha kami dilihat dari segi usia, yaitu para pelajar, mahasiswa dan anak muda. Namun tidak menutup kemungkinan pada kalangan anak-anak ataupun dewasa.
3.1.2 Situasi Persaingan
Karena usaha kami yang berbasis online terdapat penjual lain yang membuka usaha yang sama seperti usaha yang kami miliki.jadi banyaknya penjual tersebut menambah persaingan dalam usaha kami.
3.2 Rencana Usaha
3.2.1 Strategi Usaha
Kami memanfaatkan peluang usaha yang ada dengan menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan usaha kami secara baik dan terkonsep. Dengan memerhatikan SWOT atau kekuatan (strength), kelemahan (weaknes), peluang (opportunity), dan ancaman (treat) usaha. Di awal usaha kami berusaha memperkenalkan produk secara langsung kepada masyarakat baik lisan maupun tulisan (promo di sosial media).
3.2.2 Rancangan dan Strategi Penjualan :
1. Membuat akun di aplikasi Instagram. dengan nama “My_Plannerbali”.
2. Membuat logo My_Plannerbali.
3. Mencantumkan nomor whatsapp di. bio Instagram.
4. Mencantumkan lokasi home industri (hanya kota nya).
5. Mengunggah foto product sejelas . mungkin sehingga tidak. mengecewakan konsumen.
6. Mengunggah foto product yang digunakan pada model agar memudahkan konsumen untuk melihat contoh product yang digunakan.
7. Mengunggah testimoni konsumen yang pernah membeli product agar konsumen lainnya tertarik dan percaya pada online shop kami.
3.3.3 Strategi Promosi
1. Strategi promosi yang digunakan yaitu memberi potongan harga bagi konsumen yang memesan 3 atau lebih product kami.
2. Memberikan product kepada orang yang memiliki banyak followers dan masih berkaitan dengan product yang dijual dan mengunggah foto product yang digunakan oleh orang yang bersangkutan dan memberikan tag kepada akun instagram kami, biasanya cara ini disebut dengan endorsement.
4. Mengunggah testimoni konsumen di akun agar dapat meyakinkan calon pembeli.
5. Mengunggah foto konsumen yang menggunakan product My_Plannerbali di akun instagram.
6. Memberikan hashtag pada caption agar mempermudah calon konsumen untuk mengunjungi akun instagram kami.
3.3.4 Penetapan Harga Jual
Harga jual My_Plannerbali ditetapkan dengan menghitung harga pokok produk ditambah biaya yang dikeluarkan untuk ongkos dan keuntungan, setiap barang memiliki harga yang berbeda-beda tergantung modal awal.
3.3.5 Periklanan dan Promosi
Dalam memperkenalkan produk, selain secara langsung kepada keluarga dan kerabat, kami juga memanfaatkan akun sosial, media yang kami miliki seperti, instagram, lain-lain.
BAB IV
ASPEK RESIKO
4.1 Masalah-Masalah yang Potensial
Masalah yang mungkin kami hadapi yaitu kurangnya minat konsumen, terdapat online shop lain yang lebih inovatif. Selain itu pengalaman yang minim dalam berwirausaha membuat kami harus belajar dari kesuksesan dan kegagalan pewira usaha lainnya.
4.2. Resiko dan Hambatan
Dalam membuka usaha kecil, kita harus siap menerima resiko dan hambatan yang mungkin terjadi. Resiko tersebut dapat berupa terbatasnya waktu luang yang kami milki dan harus siap menghadapi jatuh bangun dalam mengelola usaha kecil ini, selain itu kerugian antara modal dan pendapatan. Sedangkan hambatan yang mungkin terjadi pada saat membuka usaha terdapat pada modal yang terbatas dan pessing yang menjual produk semacam usaha kami.
4.3. Tindakan Alternatif
Adanya resiko dan hambatan pada usaha kami mengharuskan kami untuk segera mengambl tinddakan tindakan untuk mengatasi hal tersebut harus dilakukan secara efektif yaitu dengan selalu memunculkan inovasi dan menyediakan produk yang lebih baik dan beragam.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dalam mendirikan usaha kecil seorang wirausaha harus memiliki jiwa kewirausahaan. Selain itu harus mempunyai tekad dan komitmen yang kuat untuk menjalani usaha yang dijalankan kita harus memiliki kemampuan untuk membaca kondisi pasar sehingga kami dapat meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.
5.2 Saran
Dengan kondisi ekonomi saat ini diharapkan dapat bermunculan wirausaha muda yang kreatif yang dapat mengembangkan perekonomian negara. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses dibutuhkan adanya keseriusan dalam membangun dan mengembangkan usaha yang digeluti meskipun berawal dari usaha yang kecil.
0 comments:
Post a Comment