I.1 Latar belakang
Camping Ground / Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan yang dilaksanakan pada malam hari. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan untuk rekreasi atau refreshing untuk lepas dari rasa stress dan bosan yang berhari-hari tertumpuk. Juga agar bisa menikmati keindahan alam secara langsung didepan mata.
Aktivitas berkemah biasanya dilakukan secara berkelompok baik dari sebuah lembaga, komunitas, sekolah, maupun rekan kerja. Kegiatan berkemah merupakan kegiatan yang pasti dilakukan ketika seseorang atau sekelompok orang melakukan pendakian ke gunung. Kegiatan ini selain dilakukan di gunung biasanya juga dilakukan di bumi perkemahan atau tempat outdoor lainnya.
Kegiatan ini setiap tahunnya semakin meningkat. Ketika seseorang atau sekelompok orang melakukan kegiatan berkemah ataupun mendaki tentu banyak peralatan yang dibutuhkan, seperti tas carrier, sepatu, tenda, trekking pole, kompor, matras, sleeping bag hingga flysheet. Harga alat-alat yang digunakan juga cukup merogoh kocek jutaan rupiah jika membeli alat berkualitas baik dan lengkap. Tentu hal ini cukup berat dimiliki apalagi jika seseorang atau sekelompok orang tersebut masih bersekolah.
Putra outdoor merupakan rental outdoor yang dibangun untuk membantu seseorang atau sekelompok orang yang ingin melakukan kegiatan berkemah ataupun mendaki tanpa perlu pusing membeli peralatan outdoor dengan menyewakan alat - alat outdoor dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.
I.2 Identitas Usaha
Nama Usaha : Putra Outdoor (Peralatan. Untuk Travelling? Rent Aja!)
Alamat Usaha : Jln. Diponegoro No. 100. Denpasar, Bali
Jenis Usaha : Produk Barang
No Telp : 081234567890
E-Mail :rentaloutdoormurah@gmail.com
BAB II
ANALISIS RANCANGAN BISNIS
II.1 Tujuan Bisnis
Tujuan Bisnis dari Usaha Putra Outdoor
adalah :
Mendapatkan keuntungan / profit
Membantu kebutuhan seseorang / sekelompok orang yang ingin berkemah
Meringankan biaya seseorang / sekelompok orang yang ingin berkemah
Meningkatkan prestasi belajar
II.2 Analisis SWOT
STRENGHTS
Peralatan outdoor merupakan kebutuhan wajib bagi yang ingin berkemah atau mendaki. Adanya rental outdoor tentu membantu dan meringankan biaya dalam kegiatan tersebut.
WEAKNESS
Kualitas barang semakin menurun seiring dengan waktu pemakaian.
OPPORTUNITIES
Aktivitas berkemah biasanya dilakukan secara berkelompok baik dari sebuah lembaga, komunitas, sekolah, maupun rekan kerja. Oleh karena itu, ada peluang untuk bekerja sama.
THREATS
Bermunculannya jasa rental outdoor yang serupa, dan resiko kerusakan barang bahkan kehilangan barang.
II.3 Target Customer
Adapun Target dari Bisnis ini adalah :
Siswa/i sekolah di wilayah Denpasar
Mahasiswa/i di wilayah Denpasar
Masyarakat yang suka berkemah / mendaki
Wisatawan luar daerah maupun luar negeri
II.4 Media Promosi
Media Online
Instagram merupakan sebuah aplikasi gratis untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan video tersebut. Dan dapat berbagi pada layanan jejaring sosial yang lainnya.
Salah satu kelebihan promosi lewat Instagram adalah pengguna Instagram sudah terjamin melek teknologi. Artinya, mereka yang aktif di Instagram pastilah aktif pula di Twitter dan mungkin juga Facebook.
Karena itu, sangat tepat bila mempromosikan produk melalui Instagram dan dibantu jejaring sosial lainnya, pengguna Instagram pastilah memiliki gadget dan smartphone yang mendukung aplikasi tersebut seperti iPhone, Android, dan sebagainya yang berarti Instagram menguntungkan bagi para penjual/pemilik usaha
BAB III
PENUTUP
III.1 Simpulan
Wirausaha adalah hal yang paling menantang dan menyenangkan. Tidak bisa dipungkiri dalam memulai usaha banyak hal yang perlu diperhatikan, banyak masalah yang akan datang dan penuh resiko. Tetapi dalam menjalankan usaha tentu tidak terlepas dari yang namanya strategi, rancangan dan cara pemasaran. Disilah letak pentingnya komunikasi, terutama komunikasi bisnis dan pemasaran. Maju atau mundurnya usaha ditentukan dari usaha, analisis dan komunikasi itu sendiri dalam mempromosikan usaha tersebut.
0 comments:
Post a Comment