Saturday, 28 March 2020

Bisnis plan usaha kue kering

TAHAPAN KRISIS

Pre-crisis : Membuka usaha kue kering cukup menjanjikan karena kue kering   
tidak hanya 1 macam tetapi berbagai macam, maka dari itu banyak masyarakat yang menggandrungi makanan kue kering ini, harga terjangkau dan tahan lama.

Warning : Munculnya pesaing dengan jumlah banyak dalam usaha kue kering.

Acute : Masyarakat lebih percaya terhadap produk produk yang telah memiliki brand besar seperti Breadtalk, Holland Bakery, Conato, dll. Meskipun pada kenyataannya kualitas dan rasa sama dengan produk kami, namun masyarakat lebih memilih brand.

Clean – up : Masyarakat mulai dibinggungkan dengan menjamurnya penjual kue kering. Dampak untuk perusahaan kami, daya tingkat beli masyarakat yang rendah terhadap produk kami sehingga pemasukan mulai melemah.

Post-crisis : Kami tetap optimis dan percaya diri dalam bisnis kue kering ini. Terjadinya penurunan daya beli membuat kami termotivasi untuk terus menerus membuat brand kue kering kami dikenal oleh masyarakat luas. Pesaing juga tidak membuat kami mundur atau terpuruk karena kami percaya diri dengan kualitas dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan kami.

PERENCANAAN KRISIS

Scenario mapping
Kendala produk : Dalam satu produk selalu ada kue yang tidak dapat dijual.

Kendala pemasaran : Banyaknya pesaing menjual kue yang hampir sama sehingga susah mempromosikan kue buatan kami.

Kendala transportasi : Produk Laris Cake didistribusikan dengan cara mengantar langsung pesanan pada costumer sehingga banyak kendala yang dihadapi ketika mengantarkan produk mulai dari kecelakaan hingga kesalahan teknis pada kendaraan,

Kendala keuangan : Banyaknya pesaing yang berani memberikan harga lebih murah membuat hasrat ingin menurunkan harga jual. Dengan menurunkan harga, otomatis margin keuntungan yang didapat menjadi kecil.

Kendala karyawan : Semakin banyak pesanan kue maka diperlukan tenaga kerja / karyawan yang mencukupi. Tidak hanya mencukupi saja tetapi tenaga kerja yang memenuhi standar perusahaan.

Kendala keamanan : Diperlukan penjaga / satpam dalam menjaga pabrik kue, hal ini diperlukan karena banyaknya pegawai yang bekerja. Tidak hanya itu saja, keamanan ini penting apabila terjadi pencurian dalam situasi terburuk.

Kendala bangunan : Dalam menjaga pabrik kue, diperlukan inspeksi bangunan sebulan sekali sehingga jika ada kerusakan seperti atap bocor, dinding retak dan lainnya dapat diperbaiki secepat mungkin.

Response paper writing
Selalu mencari referensi melalui internet maupun social media tentang kue yang sedang banyak diminati. 
Audience identification
-Publik Internal : Staf dan customer laris cake 
-Publik External : Customer yang jauh dari toko laris cake. 


Crisis team formation
Menyelesaikan Crisis di setiap department laris cake serta membagi informasi kepada seluruh staff yang ada untuk ditindaklanjuti sesuai bidang masing-masing.

Staff training 

Training dilakukan untuk menambah Produc knowledge untuk karyawan, serta mengevaluasi apa yang sudah di lakukan, sehingga karyawan dapat melakukan pekerjaan lebih baik setiap harinya. Training dilakukan rutin setiap 1 bulan sekali dikarenakan Laris Cake selalu membuat inovasi baru untuk menambah variasi kue. 

Crisis manual 
Mengumpulkan penilaian kualitas atau review dari customer laris cake sehingga menjadi acuan bagi perusahaan untuk mengevaluasi.

0 comments:

Post a Comment

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Search This Blog

Powered by Blogger.

informasi pendidikan

Apa Perbedaan Agama dan spiritualitas

Menurut pandangan saya, agama dan spiritualitas adalah dua konsep yang berbeda meskipun terkait erat. Agama adalah pengorganisasian gagasan-...