Skip to main content

Bisnis plan usaha Dot Kopi

1. Tahapan Krisis dot.kopi
-Tahap Pre Crisis : dot.kopi didirikan dengan adanya kesadaran bahwa usaha es kopi dan minuman terkait kini memang sedang laris dan digandrungi oleh hampir seluruh kalangan masyarakat. Dengan bahan berkualitas dan harga yang cukup terjangkau dibandingkan beberapa usaha kopi lainnya, tentunya usaha ini diharapkan dapat menyasar lebih banyak konsumen. 

- Tahap Warning : munculnya beberapa usaha minuman sejenis dengan harga dan kualitas yang cukup mirip dengan dot.kopi. Namun menjual franchise ataupun brand yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat. 

- Tahap Acute : Jumlah konsumen mulai menurun dikarenakan menjamurnya usaha sejenis dengan promo habis-habisan dan brand yang sudah cukup dikenal. 

- Tahap Clean Up : Manajemen dot.kopi memulai upaya lain agar dapat mengatasi krisis yang terjadi. Caranya dengan mengambil aneka kebijakan baik itu penyesuaian promo tambahan, tetap menjaga stabilitas bahan dan rasa, pembangunan mitra kerja dengan go-food dan grab food, memperluas jaringan untuk promosi, dan aneka cara lainnya untuk branding image agar lebih dikenal. 

- Tahap post crisis : Apabila upaya pembersihan berhasil dilaksanakan, maka dot.kopi dapat mempertahankan bisnis dan menjangkau lebih banyak kalangan yang ditandai dengan jumlah konsumen yang meningkat dan citra positif yang terus berkembang. 

2. Perencanaan krisis
A. Skenario krisis
(buat peta konsep kaya di gambar ini, terus masukin keterangannya ke tiap sub)

-Kendala Produk : harga bahan baku terus meningkat karena kondisi terkini terkait covid-19 dan masih dalam tahap stabilisasi rasa tiap produk. 

-Kendala Transportasi : kemungkinan resiko kecelakaan ketika tahap pengantaran manual dan kemacetan.

-Kendala karyawan : karyawan terus berganti

-kendala bangunan : kemungkinan roboh dan desain yang belum jadi. 

-kendala keamanan : adanya pengunjung sakit  ataupun kemungkinan pembobolan. 

-kendala pemasaran : tagihan yang salah serta upaya branding belum maksimal.

-kendala keuangan : kesalahan input data keuangan ataupun penghitungan lainnya.

B. Response paper writting : mengumpulkan dokumen terkait dari media massa, literatur manajemen, tips-tips dari ahli dan riset sederhana melalui kuisioner dari pengunjung.

C. Audience identification : 
-Publik Internal : Staf dan pengunjung dari daerah area dekat kedai.
-Publik External : Konsumen dari daerah yang jauh dari kedai. 

D. Crisis team formation : Membagi tugas dengan seluruh staf dot.kopi untuk membentuk formasi penanganan krisis melalui berbagai upaya.

E. Staff training : Salah satu upaya penanganan krisis dengan mengadakan pelatihan pada semua staff. Baik itu cara meracik minuman, cara input data penjualan, manajemen stok barang, dan lainnya yang terkait dengan operasional kedai. 

Comments

Popular posts from this blog

Hari Kamis Putih Umat Katolik, sebagai Penetapan Sakramen Ekaristi dan Sakramen Imamat. Ada 3 misteri iman yang kita rayakan saat Kamis Putih. Dan Peristiwa Penting lainnya Saat Kamis Putih.

Hari Kamis Putih adalah Hari penting bagi umat kristen khususnya Umat Katolik. Pada hari ini Gereja merayakan dan mengenang Perjamuan Tuhan dan penetapan Perintah Baru. Sebelum Hari Raya Paskah mulai, Yesus beserta para murid mengadakan makan bersama. Yesus tahu bahwa saat-Nya sudah tiba untuk kembali kepada Bapa. Tetapi pada saat inilah Yesus memberi pesan dan kenangan yg tidak boleh dilupakan oleh Umat Allah.  Liturgi dirayakan di sore/malam hari. Nama resmi perayaan hari ini adalah Missa Perjamuan Tuhan (Missa Vespertina in Cena Domini) yg menunjukkan kenangan akan Perjamuan Tuhan bersama para murid. Dalam Perayaan Kamis Suci ini, beberapa hal mendapat perhatian: * Perjamuan Terakhir Sebagai Pendirian Ekaristi.  Awalnya perjamuan paskah Yahudi. Tetapi pada malam itu, Yesus mengambil roti dan mengangkat cawan, dan menyebut Roti dan Anggur menjadi TUBUH dan DARAH-NYA serta memerintahkan untuk melakukan itu sebagai kenangan akan Kristus.  Ekaristi adalah rahmat khusus dan...

Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus

Hari Raya Kenaikan Yesus  Kristus " Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.  Karena itu pergilah, jadikanlah semua  bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,  dan ajarlah mereka melakukan segala  sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.  Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." { Matius. 28:16-20 }  Peristiwa kenaikan Yesus ke surga  di hadapan para murid menegaskan  tentang hakekat diri-Nya sebagai yang berkuasa atas segala sesuatu di bumi.  Ia membesarkan hati para murid supaya jangan ragu untuk pergi mewartakan kabar sukacita Injil dan membaptis sehingga  orang percaya akan pewartaan Injil.  Sebab, Ia akan menyertai mereka dalam kuasa-Nya sampai akhir zaman.  Kita dipanggil untuk semakin beriman akan kuasa penyertaan Allah dalam hidup dan semakin bersaudara dengan sesama dan berbela rasa de...

Kerajaan Allah Hadir Di Tengah Kita

Kerajaan Allah Hadir Di Tengah Kita Saudaraku terkasih, sering kita bertanya dan merenung tentang bagaimana Kerajaan Allah itu hadir di tengah-tengah kita? Apakah itu bertumbuh dalam hidup kita? Dan bagaimana pertumbuhannya? Pertanyaan ini bisa dijawab lewat bacaan Injil hari ini. Kalau kita mengamati bibit tanaman, entah ubi, jeruk, kol, cabai, di ladang atau di kebun, proses pertumbuhannya tidaklah kita lihat secara detail tetapi semakin lama tanaman itu menjadi besar hingga membuahkan hasil. Proses itu akan menjadi lebih jelas kalau tanaman itu disiangi dan dipupuk dengan baik. Tuhan Yesus dalam menghadirkan Kerajaan Allah seperti pertumbuhan tanaman. Jika iman kita dipupuk dan dibangun tentu akan membuahkan hasil yang baik dalam kehidupan yang nyata. Benih itu akan bertumbuh bersama dengan cinta Allah dalam kehidupan kita. Setiap hari lewat berdoa, merenungkan firman Tuhan, berdevosi kepada orang-orang kudus, disinilah kelihatan iman itu akan bertumbuh seperti biji sawi yang...