Wednesday, 18 December 2019
1. Media penyimpanan elektronik.
Dimana letak memory biasa dapat dua tempat yaitu di dalam ( internal ) atau
diluar (eksternal ) kadang sering disampaikan sebagai main memory
d. Media penyimpan online
Merupakan halaman web site yang menyediakan fasilitas untuk menyimpan
data –data atau file dalam format tertentu di server penyedia layanan online
storage. Dengan syarat unsur yang akan mengupload file harus terdaftar
sebagai angota atau member.
2. Contoh media penyimpanan magnetik.
a. Hard drive
Sebuah perangkat yang mampu memyimpan data dalam kapasitas yang
sangat besar,hard drive paling besar sekarang sudah mencapi kapasitas 3
TB untuk setip drivernya, data akan disimpan di dalam beberapa piringan
cakram dari logam atau kaca dan dilapisi oleh titik magnetis yang di
sebut dengan platter.
b. Zip Disk
Sebuah medium penyimpanan portable yang mirip dengan floppy disk,
tepi memiliki kapasitas yang jauh lebih baik. Zip disk di buat oleh 10
mega mulai tahun 1994.
c. Floppy Disk
Sebuah medium penyimpanan data yang besifat removable, portable
dan juga murah .kapasitasnya pun rendah karena hanya menyimpan 1,44
megabyt
Contoh media penyimpanan optik.
CD- RW ( compact disc recritable )
Adalah sebuah jenis CD yang dapat kita isi sendri, kemudian isinya dapat
dihapus jika diinginkan, harga CD RW biasanya lebih mahal dari pada CD R
d. DVD - RAM
Merupakan tipe DVD yang umum digunakan pada handycam ( digital
comcoreder ). Saat ini DVD ini memiliki kapasitas sama 4,7 GB. Tapi
umumnya memiliki Catridge dan media cakram DVD sendiri. DVD jenis
ini umum digunakan pada perangkat- perangkat yang berhubungan dengan
komputer karena memiliki fitur- fitur tertentu yang hanya di baca pada
komputer.
e. Bul – Ray
Kapasitas menyimpan disk DVD (4,7 GB untuk single layar,) kebutuhan
konten video berkualitas tinggi seperti HD TV digital video dan digital audio.
F. CD- ROM ( Compast disc read only memory )
Biasanya piringan CD- ROM berwarna perak, peroses pembuatannya adalah
dengan cara menaruh selembar lapisan pelastik yang telah disinari oleh
sinar laser, sesuai dengan nama ROM ( read only memory ) data didalam
CD –ROM tidak bias di hapus atau di rekam pada alat CD writer yang bias
kita miliki.
3. Media penyimpanan elektronik
a. Assosoativa
Adalah salah satu metode Rondom Access yang dapat membentuk
instansi penempatan data dan pencolokan data sendiri.
b. Diret access
Untuk mengases data kita langsung dapat mengetahui tempat data
tersebut disimpan melalui accunt kusus
c. Televisi
Adalah media elektronik yang bersifat audio visual serta kemampuan
memainkan gambar sehingga mampu menstimulasi pendengar dan
pengelihatan.
4. Media penyimpanan online
a. Google drive
Adalah media penyimpan data online yang cukup popuier digunakan oleh
penguna android seluruh dunia. Biasanya penguna mengunakan jenis file
seperti foto,video, dokumen dan sebagainya.
b. Onedrive
Menyediakan tempat penyimpanan data untuk semua file pribadi ke dalam
media penyimpan data penguna juga dapat dengan muda mengases melalui
perangkat komputer ( PC atau MAC ) dan android.
c. Drop Box
Menyediakan tempat bagi kamu yang ingin menyimpan atau
mencadangkan file,kamu dapat dengan muda menyimpan file dan kamu
bias mengungah diantaranya seperti dokumen, foto, music,video dan lain lain.
Tuesday, 17 December 2019
1. PERMASALAHAN PESERTA
DIDIK DALAM BELAJAR
Faktor-faktor yang
ikut berperan terhadap
timbulnya permasalahan pada
peserta didik yaitu:
a.
Faktor Intern
Faktor
ini meliputi gangguan
psiko fisik, yakni:
1) Yang bersifat
kognitif seperti rendahnya
kapasitas intelektual.
2) Yang bersifat
afektif antara labilnya
emosi dan sikap. Kelemahan emosional,seperti merasa
tidak aman, kurang menyesuaikan
diri serta ketidakmatangan emosi
3) Yang bersifat
psikomotor antara lain terganggunya
alat indra, cacat tubuh, serta
kurang berfungsinya organ-organ
perasaan.
4) Kurangnya motivasi
belajar akan menyebabkan
anak atau siswa
malas untuk belajar.
5) Konsentrasi belajar yang
kurang baik
6) Kurang
perhatian dan minat
terhadap pelajaran sekolah, malas
dalam belajar, dan sering bolos
atau tidak mengikuti
pelajaran.
b.
Ekstern Faktor
Faktor ini meliputi
semua situasi dan kondisi
lingkungan siswa yang tidak
kondusif bagi terwujudnya
aktifitas-aktifitas belajar. Yang termasuk
dalam faktor ini
adalah:
1) Lingkungan keluarga, seperti tidak
harmonisan hubungan antara
ayah dan ibu,
dan rendahnya tingkat
ekonomi keluarga serta
sikap orang tua
yang tidak memperhatikan
anaknya.
2) Lingkungan masyarkat,
seperti wilayah yang
kumuh, teman sepermainan yang
nakal.
3) Lingkungan sekolah, seperti kondisi dan
letak gedung sekolah yang
buruk,seperti dekat pasar
kondisi guru, serta alat-alat
belajar yang berkualitas
rendah.
4) Guru sebagai
pembina siswa belajar. Guru
adalah pengajar yang mendidik. Dia
tidak hanya mengajar
bidang studi yang
sesuai dengan keahliannya, tetapi juga
menjadi pendidik pemuda
generasi bangsa.
5) Kurikulum sekolah. Adanya kurikulum
baru akan menimbulkan
masalah seperti tujuan
yang akan dicapai
mungkin juga berubah, isi pendidikan
berubah, kegiatan belajar mengajar
juga berubah serta
evaluasi berubah.
6) Metode belajar
yang kurang memadai
2.
SOLUSI UNTUK
MENINGKATKAN BELAJAR SISWA
Ada
beberapa solusi yang
bisa dilakukan oleh
orangtua maupun guru
untuk meningkatkan minat
belajar siswa adalah
sebagai berikut:
1) Menanamkan
pengertian yang benar
tentang belajar pada
siswa sejak dini, menumbuhkan inisiatif
belajar mandiri pada siswa,
menanamkan kesadaran serta
tanggung jawab sebagai
pelajar pada siswa
merupakan hal-hal lain
yang bermanfaat jangka
panjang.
2) Berikan intensif
jika siswa belajar. Intensif yang
dapat diberikan ke
siswa tidak selalu
berupa materi, tetapi bisa
juga berupa penghargaan
dan perhatian.
3) Orang tua
sering mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang diajarkan
di sekolah pada
anak.sehingga orang tua
tahu perkembangan anak
di sekolah.
4) Guru dalam
mengajar harus melibatkan
anak secara aktug
melalui kegiatan diskusi, tugas kelompok
agar anak tidak bosan
di dalam kelas. Karena
metode guru yang mengajar
dengan berceramah saja
akan membuat siswa
merasa bosan dan
tidak memperhatikan.
5) Guru harus
mempunyai model pembelajaran
yang bervariasi dalam setiap
pertemuan agar tidak
monoton, sehingga siswa semangat
dengan metode pembelajaran yang
baru.
6) Menciptakan suasana
belajar yang baik
dan nyaman, orangtua memberikan
perhatian dengan cara mengarahkan dan
mendampingi anak saat
belajar.
Saturday, 14 December 2019
IKRAB adalah komunitas perantauan asal raja kabupaten Nagekeo yang ada di bali. ikrab artinya Ikatan Keluaraga Raja Bali. Keluarga ( IKRAB )
Yang berdiri sudah
lama di Bali. Ikatan
ini dinaungi oleh
para petua-petua yang
sudah dari kecil
yang merantau di
bali. Ikatan ini
sangat bermanfaat yang
dijadikan sebagai tempat
untuk memecakan masalah
bagi pemuda pemudi
perantauan serta membangkitkan rasa
kebersamaan dan kekeluargaan dalam
setiap kegiatan.
Hidup di perantauan jauh dari sanak dan keluarga memang tidak mudah. Kita harus mandiri dan menyelesaikan segala sesuatu dengan sendiri. Berkomunitas merupakan salah satu cara membentuk pribadi yang mandiri dan juga berwawasan luas, sehingga akan memudahkan bertahan di perantauan.
Berkomunitas kita mendapatkan banyak manfaat, diantaranya :
Hidup di perantauan jauh dari sanak dan keluarga memang tidak mudah. Kita harus mandiri dan menyelesaikan segala sesuatu dengan sendiri. Berkomunitas merupakan salah satu cara membentuk pribadi yang mandiri dan juga berwawasan luas, sehingga akan memudahkan bertahan di perantauan.
Berkomunitas kita mendapatkan banyak manfaat, diantaranya :
1. Menambah Wawasan
Dengan bekomunitas
kita akan mengenal
banyak orang, sehingga
menambah pengelaman dan
pengetahauan. Dari mereka
kita banyak belajar
banyak, bertukar pengelaman,
serta akan memunculkan
ide – ide baru, yang
akan membuat kita
lebih kreatif dan
inovatif.
2. Gaya hidup semakain
positif
Memasuki lingkungan
positif pasti kita
akan terbawah arusnya.
Aura lingkungan akan
berdampak pada kehidupan
kita. Berpikir positif
dalam kebersamaan, akan
menimbulkan ide – ide cemerlang
untuk masa depan.
Ketika banyak ide
pemikiran disatukan maka
akan menjadi keputuan
baik yang bermanfaat
bagi angota komunitas
atau orang lain.
Dengan berkomunitas kita
memiliki keluarga perantauan.
Sehingga kita memiliki
satu permasalahan atau
sebuah kendala bisa
diselesaikan secara musyawarah
dengan azas kekeluargaan.
Adapun
kegiatan kegiatan yang
sering dilakuakan IKRAB perantauan bali asal nagekeo NTT.
1. Melakukan
kegiatan arisan
2. Mengikuti segala
kegiatan di Gereja
3. Memberikan uang suka duka bagi teman atau saudara – saudari Kita yang sedang mengalami musibah
4. Kegiatan turnamen bola kaki dan bola voli
3. Memberikan uang suka duka bagi teman atau saudara – saudari Kita yang sedang mengalami musibah
4. Kegiatan turnamen bola kaki dan bola voli
3. Tujuan keluaraga IKRAB perantauan asal nagekeo NTT
1. Mempererat tali persaudaaran.
2. Mempererat tali kekeluargaan
3. Menumbukan rasa kebersamaan
4. Bisa saling mengenal satu sama lain
5. Bisa saling berbagai informasi tentang keadaan dan kondisi keluaraga raja bali
6. Bisa saliang berbagi berita yang ada di perantauan
7. Bisa jadi tempat kita melepaskan rindu pada kampung raja. kabupaten Nagekeo NTT
8. Bisa salaing bertukar pikiran ide dan gagasaan mengenai masalah. yang terjadi di komunitas tersebut
1. Mempererat tali persaudaaran.
2. Mempererat tali kekeluargaan
3. Menumbukan rasa kebersamaan
4. Bisa saling mengenal satu sama lain
5. Bisa saling berbagai informasi tentang keadaan dan kondisi keluaraga raja bali
6. Bisa saliang berbagi berita yang ada di perantauan
7. Bisa jadi tempat kita melepaskan rindu pada kampung raja. kabupaten Nagekeo NTT
8. Bisa salaing bertukar pikiran ide dan gagasaan mengenai masalah. yang terjadi di komunitas tersebut
keluarga IKRAB perantauan asal nagekeo memiliki
toleransi yang tinggi,
untuk selalau gotong
- royong membantu
saudara - saudari yang
lagi mengalami masalah.
Thursday, 12 December 2019
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Kuliah Kerja Profesi
merupakan salah satu
mata kuliah di Fakultas
Ilmu Komunikasi yang
diwajibkan pada mahasiswa untuk melakukan observasi
atau kunjungan
ke lembaga
- lembaga yang berkaitan dengan
urusan bidang
komunikasi seperti ke penyiaran indonesia ( KPI ) dan stasiun TV .
Mata
Kuliah Kerja
Profesi memiliki
bobot 4 sks
dalam mata kuliah
ini mengajarkan tentang
kepenyiaran seperti
TV dan
RADIO yang berada
dibawah Komisi
Penyiaran Indonesia
(KPI). Untuk
diketahui Komisi Penyiaran Indonesia mempunyai
tugas dan kewajiban untuk menjamin masyarakat
untuk memperoleh informasi
yang layak
dan benar
sesuai hak asasi
manusia, dan ikut membantu
pengaturan infrastruktur bidang
penyiaran.
1.2
Tujuan Penulisan
1. Terjun
langsung ke Lembaga
penyiaran Indonesia dan salah satunya
stasiun TV yaitu
Trans 7
2. Melihat
secara langsung cara kerja
Komisi Penyiaran Indonesia dan melakukan seminar Bersama Lembaga
tersebut.
3. Melihat secara langsung
sebuah acara
di Trans 7 yaitu HITAM PUTIH.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1Kunjungan
Ke Komisi Penyiaran
Indonesia ( KPI)
Dalam kunjungan
yang diselenggarakan tanggal 22
Mei 2019, kami rombongan
Fikom diterjunkan langgsung ke tempat
komisi penyiaran indonesia (KPI) dan
juga diterima dengan baik guna mendengarkan beberapa poin penting
yang berkaitan
dengan tugas dan tanggung
jawab sebagai
Lembaga Penyiaran. Dalam hal ini kami selaku
rombongan Fikom melaksanakan dan mengikuti
seminar dan
disukusi dengan pihak
Komisi Penyiaran Indonesia
yang berkaitan dengan
tugas dan fungsi
sebagai Lembaga Penyiar. Poin penting yang saya dapat
dari hasil seminar
dan diskusi dengan
KPI berupa
tugas dan
fungsi KPI serta
sanksi – sanksi yang
berlaku sebagai
Lembaga Penyiar:
1. Tugas Dan Fungsi KPI
1. Tugas Dan Fungsi KPI
Dalam rangka menjalankan tugas
dan fungsinya,
KPI memiliki kewenangan
(otoritas) dalam hal menyusun dan mengawasi peraturan peraturan yang
berlaku dilembaga
penyiaran TV Nasional maupun Swasta. Proses
ini dilakukan
atau dilaksankan oleh
KPI dalam rangka
menjamin siaran TV kepada masyarakat dan memperoleh informasi yang layak dan benar
sesuai dengan
HAM dan membantu pengaturan infrastruktur dibidang
penyiaran. Adapun
fungsi dan tugas
KPI sebagai berikut:
1. Fungsi KPI
Fungsi KPI sebagai lembaga perwujud dan partisipasi masyarakat dalam penyiaran adalah mewadahi aspirasi dan mewakili kepentingan masyarakat akan penyiaran TV baik nasional maupun swata diIndonesia. Fungsi ini sejala n dengan asas pokok KPI sebagai lembaga negara yang bersifat independen, yang harus melindungi masyarakat dari ketidak berdayaan menghadapi berbagai kepentingan dan kekuatan. KPI juga menjadi semacam wadah yang menjembatani kepentingan masyarakat dengan institusi pemerintah dan lembaga penyiaran (yaitu radio dan televisi, baik publik, swasta, komunitas dan berlangganan) Dalam hal menjalankan fungsinya, KP harus bisa mengusahakan agar tercipta suatu sistem penyiaran nasional yang memberikan kepastian hukum, serta peraturan berdasarkan asas persamaan dan keadilan. Dalam system yang dimaksud adalah mengedepankan peluang kepada warga negara untuk memelihara hak - hak asasi akan komunikasi dan informasi, dalam hal ini pemerintah khususnya dalam hal penyusunan peraturan, lebih diharapkan peranannya sebagai fasilitator dalam penyelenggaraan penyiaran.
2. Tugas KPI
Tugas KPI sebagai Lembaga
penyiar berdasarkan Undang
- undang No. 32 tahun 2002 tentang penyiaran sebagai berikut:
a. Menjamin masyarakat
untuk memperoleh informasi yang layak dan benar sesuai dengan hak asasi
manusia,
b. Ikut
membantu pengaturan
infrastruktur bidang penyiaran,
c. Ikut
membangun iklim persaingan yang
sehat antara lembaga penyiaran dan
industri terkait,
d. Memelihara tatanan informasi nasional yang adil,
merata, dan Seimbang.
e. Menampung, meneliti
dan menindaklanjuti aduan, sanggahan,
serta kritik dan aspirasi masyarakat terhadap
penyelenggaran penyiaran,
f. Menyusun
perencanaan pengembangan sumber daya manusia yang menjamin
profesionalitas dibidang penyiaran.
Sanksi - Sanksi
Sanksi administratif sebagaimana dimaksud
dalam ayat
(1) dapat berupa :
a) teguran tertulis
b) penghentian sementara mata acara yang bermasalah setelah
melalui tahap tertentu
c) pembatasan durasi dan
waktu siaran
d) denda administratif
e) pembekuan kegiatan siaran untuk
waktu tertentu
f) tidak diberi perpanjangan izin penyelenggaraan penyiaran
g) pencabutan izin penyelenggaraan penyiaran
2.2
Kunjungan ke
TRANS 7
Setelah kunjungan dari Komisi
Penyiaran Indonesia (KPI), sekitar
jam 17:30 kami melanjutkan
kunjungan ke TRANS 7 untuk mengikuti
siaran HITAM PUTIH,
sampai disana kami
dipanggil oleh petugas
untuk segera memasuki
studio HITAM
PUTIH yang
dibawakan oleh Dedi
Corbuizer serta
crew yang bertugas,
dan pada hari itu juga studio
HITAM PUTIH kedatangan bintang tamu
seorang ibu yang bernama
Anisa yang
viral karena kebaikanya yang bersedekah
atau beramal, kedatangan kami disana
hanya sebagai
penonton, disana
saya bisa melihat langsung siaran
tv yang selama
ini hanya bisa menonton disiaran televisi, setelah
mengikuti acara
tersebut saya pun mendapat
pengalaman dan juga pengetahuan
tentang bagaimana konsepsisasi ilmu komunikasi dari
segi dan cara seorang
host membawakan
sebuah acara
agar menarik untunk ditonton oleh masyarakat luas.
Selain itu juga
saya bisa melihat secara
langgsung bagaimana peroses kerjasama dari sebuah
tim / crew dalam
sebuah acara atau siaran tv seperti yang terjadi
dan yang saya
lihat diacara HITAM PUTIH.
Sehingga pada akhirnya
ilmu yang saya dapat bisa saya gunakan sebagai
modal untuk
masa depan saya sebagai lulusan Komunikasi
di Univeristas
Dwijendra Bali.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan mengenai laporan
diatas yang telah saya uraikan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut
:
1. Undang - undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002
merupakan dasar utama bagi
pembentukan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Semangatnya adalah pengelolaan sistem penyiaran yang merupakan
ranah publik harus dikelola oleh sebuah
badan independen yang bebas
dari campur tangan pemodal maupun kepentingan kekuasaan.
2. Komisi Penyiaran
Indonesia mempunyai tugas
dan fungsi seperti yang
diamanatkan UU No 32 Tahun 2002.
3. Adapun sanksi
- sanksi yang berlaku dimedia
TV, Radio maupun
yang lainnya..